Komisi VI DPR dukung komersialisasi pesawat N219 Nurtanio

N219PTDI

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Komisi VI DPR RI telah melakukan Kunjungan Kerja Spesifik (KKS) ke PT Dirgantara Indonesia (PTDI) dalam rangka menjalankan pengawasan kinerja dan kontribusi BUMN yang bergerak dalam bidang industri kedirgantaraan ini.

Kunjungan dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Mohamad Hekal. Rombongan meninjau sejumlah program berjalan dan infrastruktur di kawasan produksi PTDI, Bandung.

KKS Komisi VI DPR RI disambut oleh Direktur Utama PTDI Gita Amperiawan, Asisten Deputi Bidang Industri Manufaktur Kementerian BUMN RI Liliek Mayasari, dan Direktur Teknologi & Manajemen Portofolio PT Len Industri (Persero) Amalia Maya Fitri.

Gita Amperiawan selaku Direktur Utama PTDI melaporkan kinerja bisnis dan keuangan PTDI periode tahun 2020-2022. Termasuk perkembangan dan potensi perolehan kontrak militer domestik, potensi pesawat penumpang N219 Nurtanio untuk pasar dalam negeri dan ekspor.

Pada kesempatan dilaporkan juga secara komprehensif mengenai kegiatan N219 Market Survey Flight di Kepulauan Riau (Kepri) pada tanggal 17-18 Juni 2023 lalu yang dihadiri oleh Gubernur Provinsi Kepri H. Ansar Ahmad, Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN RI/Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti, dan calon operator yang akan mengoperasikan pesawat N219.

Kepri sebagai wilayah yang terdiri atas lebih dari 1,000 pulau membutuhkan penguatan dalam konektivitas antar pulau khususnya melalui transportasi udara.

Pesawat N219 tersebut dipilih sebagai wahana transportasi udara yang akan mendukung program transformasi ekonomi di Kepri.

Adapun tindak lanjut pesawat N219 ke depan di Kepri adalah kegiatan road show dan menerbangkan pesawat N219 ke beberapa kabupaten di wilayah Kepri.

Setelah sesi paparan dan laporan dari PTDI, KKS Komisi VI DPR RI ini kemudian dilanjutkan dengan kegiatan peninjauan fasilitas dan infrastruktur PTDI, yaitu ke Hanggar Final Assembly Line dan Hanggar N219.
.
Dengan dilaksanakannya KKS Komisi VI DPR RI ke PTDI pada hari ini (27/6), diharapkan dukungan dari Komisi VI DPR RI dalam hal kegiatan komersialisasi pesawat N219 dengan target pasar di Pemerintah Daerah.

Serta penguatan ekosistem industri pertahanan dengan optimalisasi implementasi UU No.16 tahun 2012 tentang Industri Pertahanan untuk meningkatkan kontribusi domestik dalam pemenuhan Alpahankam.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *