Polandia akan pasok Ukraina dengan rudal panggul, amunisi, dan drone

Piroun MANPADSIstimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pemerintah Polandia menyatakan niatnya untuk bergabung dengan kelompok negara-negara berkembang yang akan membantu Ukraina di bidang militer.

Sejumlah sistem persenjataan telah disiapkan oleh Warsawa untuk dikirim ke Kiev seiring meningkatnya ketegangan antara Ukraina dengan Rusia dalam beberapa hari terakhir.

Warsawa telah menyiapkan rudal panggul, amunisi, dan juga drone untuk kepentingan tersebut.

Demikian dikatakan oleh Menteri Pertahanan Polandia Mariusz Błaszczak melalui akun media sosialnya pada 1 Februari 2022.

“Kabar baik. Dewan Menteri telah menyetujui permintaan saya, sebuah resolusi tentang bantuan ke Ukraina,” tulis Błaszczak.

Langkah terbaru ini juga telah disampaikan oleh Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki dalam pertemuan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kiev, 1 Februari 2022.

“Kami siap memasok ke Ukraina beberapa lusin butir amunisi dan amunisi artileri, sistem pertahanan udara, mortir ringan, dan drone pengintai,” kata Morawiecki.

Pada Desember 2016, Kementerian Pertahanan Nasional Polandia memberikan kontrak senilai sekitar 932 juta zloty (232 juta dolar AS) kepada perusahaan pertahanan lokal Mesko untuk membuat rudal panggul Piorun (Petir) bagi militer negara tersebut.

Piorun tidak lain merupakan versi upgrade dari Grom MANPADS.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *