Pesawat C-17 Globemaster III USAF mendarat di Lanud Roesmin Nurjadin

C-17 Globemaster III mendarat di Lanud Roesmin Nurjadin dalam rangka Cope West 2023Penlanud Rsn
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Satu unit pesawat angkut berat milik Angkatan Udara AS (USAF) C-17 Globemaster III mendarat di Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) Pekanbaru, Riau, Sabtu (11/6/2023).

Kedatangan pesawat yang membawa kru darat dan logistik ini untuk mendukung pesawat-pesawat F-16 USAF selama berlangsung Latihan Bersama (Latma) TNI AU-USAF bertajuk Cope West 2023, seperti disiarkan Penerangan Lanud Roesmin Nurjadin.

Airbus_contoh2

Penerbangan dengan call sign “Trek-41” itu diterbangkan oleh Pilot In Command Ltc. Ream Joshua dari Osan Air Force Base (AFB) Korea Selatan.

Setelah menurunkan ground crew dan logistik, pesawat C-17 melanjutkan penerbangannya ke Kadena Air Base, Jepang.

Latma Cope West 2024 antara TNI AU-USAF (USPACAF) dimulai pada hari Senin (12/6). Latihan melibatkan pesawat tempur F-16 kedua Angkatan Udara.

TNI AU menggunakan pesawat F-16 dari Skadron Udara 3 dan Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi, serta Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin.

Sementara USAF menggunakan enam pesawat tempur F-16 C/D Block 40 milik Komando Utama Pacific Air Force (PACAF) yang berasal dari 35th Fighter Squadron, 8th Fighter Wing dari Kunsan Air Force Base yang bermarkas di Bandara Gunsan, pantai barat semenanjung Korea Selatan.

Latma Cope West merupakan latihan bilateral antara TNI AU dan USAF yang diwakili USPACAF dengan tujuan meningkatkan kerja sama dan profesionalitas personel Angkatan Udara kedua negara yang sama-sama mengoperasikan pesawat tempur F-16.

Cope West 2023 tercatat sebagai latihan Cope West ke-10 dengan tuan rumah Indonesia sejak dimulai pertama kali di Medan pada tahun 1989. Selain itu, latihan ini merupakan implementasi atas hubungan bilateral yang telah lama terjalin baik di antara kedua negara untuk bersama-sama menjaga stabilitas regional di Asia Tenggara.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *