Jet tempur KF-21 semakin dekat dengan pasar Eropa

KF-21KAI
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Setelah sukses mengekspor jet tempur ringan KAI FA-50 ke Polandia, kini Korea Selatan tengah membidik Polandia sebagai target pengguna jet tempur generasi 4,5 KAI KF-21 pertama di daratan Eropa.

Tak hanya membeli, Polandia juga memiliki kesempatan untuk memproduksi KF-21 tersebut di negaranya.

Boeing_contoh2

Keinginan tersebut pernah diungkapkan Sebastian Hwawek, Ketua PGZ pada 9 Desember 2022 lalu, seperti diwartakan Bulgarian Military (10/6).

PGZ (Polska Grupa Zbrojeniowa) adalah perusahaan induk yang didirikan oleh pemerintah Polandia untuk menyatukan industri pertahanan milik negara.

Nah, jika Korea Selatan berhasil menjual KF-21 ke Polandia, maka ini akan membuka jalan untuk mengekspornya ke negara Eropa lainnya seperti Hongaria, Latvia dan Austria.

Negara-nsgara tersebut belum mengoperasikan jet tempur generasi 5 yang berkemampuan siluman (stealth) seperti Lockheed Martin F-35 Lightning ll dari AS.

Dalam situasi di mana biaya pengoperasian dan pemeliharaan jet F-35 yang mahal, pada titik tertentu KF-21 dapat menjadi alternatif terbaik untuk diakuisisi.

Apalagi jika KF-21 tersebut diproduksi di Polandia, maka akan secara drastis mengurangi tidak hanya biaya pengiriman tetapi juga pemeliharaan di masa depan.

KF-21 yang mengusung teknologi terkini dapat bersaing dengan jet tempur multiperan generasi 4,5 lainnya yang dikembangkan dari jet tempur generasi 4 seperti F-16V dari AS, Rafale dari Prancis, dan MiG-35 dari Rusia.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *