Pesawat Boeing 737-800 untuk TNI AU terlihat mengudara

Pesawat untuk TNI AU
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sebuah pesawat Boeing 737-800 berwarna abu-abu dan garis merah-putih di bagian tengah badannya terlihat mengudara.

Foto yang diunggah oleh Wilbert Tana di portal Jet Photos tersebut menunjukkan pesawat beregistrasi N658AD. Seperti diketahui, N adalah registrasi untuk pesawat Amerika Serikat.

Boeing_contoh2

Di bagian ekor pesawat terdapat gambar bendera Indonesia, Merah Putih. Sementara di bagian bawah sayap sebelah kiri terdapat logo segi lima yang menandakan pesawat TNI AU.

Dalam keterangannya, fotografer menuliskan bahwa ini adalah pesawat pertama Boeing 737-800 untuk TNI AU. Registrasi dari N658AD nantinya akan diganti menjadi A-7309.

Di TNI AU, kode A menandakan pesawat Angkut. Sementara 73 adalah diambil dari angka B737. Lalu 09 menandakan pesawat Boeing 737 yang ke-9.

Kemungkinan besar ini adalah pesawat untuk VVIP/VIP yang akan dioperasikan oleh Skadron Udara 17 Lanud Halim Perdanakusuma.

Belum ada keterangan dari Kementerian Pertahanan RI yang berwenang melakukan pengadaan pesawat untuk TNI AU.

Sama seperti pesawat Dassault Falcon 7X/8X sebelumnya, informasi didapatkan dari portal foto atau melalui media sosial.

Biasanya, pengadaan pesawat ini baru akan diumumkan oleh Kementerian Pertahanan pada saat peresmian masuknya pesawat ini ke skadron yang mengoperasikannya. Kita tunggu saja.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *