Rusia serang pangkalan udara Ukraina di Provinsi Khmelnytskyi, hancurkan 5 pesawat

Su-24Istimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Militer Rusia dilaporkan telah melakukan serangan rudal ke pangkalan udara Ukraina di Provinsi Khmelnytskyi pada 29 Mei 2023.

Serangan itu menyebabkan ledakan hebat di pangkalan udara tersebut, tulis Avia Pro. Akibatnya, lima pesawat tempur Ukraina dilaporkan hancur ditambah banyak fasilitas di pangkalan juga rusak parah.

Boeing_contoh2

Disebutkan, serangan ini telah dipersiapkan sebelumnya oleh Rusia dengan target utama skadron jet tempur Su-24 Ukraina.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Ukraina Oleksiy Reznikov mengungkapkan bahwa Angkatan Udara Ukraina menggunakan pembom Su-24MR untuk meluncurkan rudal jelajah Storm Shadow ke target Militer Rusia.

Oleksiy Reznikov menegaskan bahwa tingkat serangan menggunakan Storm Shadow yang ‘mengubah permainan’ ini adalah 100% sejak diperkenalkan.

“Semua rudal Storm Shadow yang kami luncurkan terbang ke sasaran. Hit rate-nya 100%,” ungkap Oleksiy Reznikov, seperti diberitakan oleh Military Cognizance (29/5).

Saat ini Angkatan Udara Ukraina masih mengandalkan jet pembom/serang Su-24 era Uni Soviet ini, namun jumlah pesawat yang masih aktif tak diketahui pasti.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *