Citra satelit memperlihatkan adanya drone supersonik WZ-8 di Pangkalan Udara China

WZ-8 droneVia Defense News

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sebuah citra satelit memperlihatkan adanya benda seperti drone pengintai supersonik WZ-8 diparkir di luar salah satu dari dua hanggar yang baru dibangun di Pangkalan Udara Lu’an China.

Defense News memberitakan, China terus mengubah pangkalan pembom yang diidentifikasi dalam dokumen AS yang baru-baru ini bocor sebagai markas pesawat pengintai supersonik baru.

Citra satelit produksi Planet Labs itu menunjukkan Lu’an Airbase di Provinsi Anhui China. Pangkalan tersebut sebelumnya kosong dan menjalani peningkatan dengan konstruksi dimulai pada April 2018 hingga awal 2019.

Perbaikan meliputi pelapisan ulang landasan pacu sepanjang 3.200 m, pelebaran jalur taksi, dan pembangunan 20 pesawat berukuran pembom tempat berlindung dan dua hanggar untuk menggantikan tempat parkir pesawat terbuka.

Pangkalan Udara Lu’an merupakan markas bagi Resimen Udara ke-29 dari Divisi Pengebom ke-10 Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat.

WZ-8 juga terlihat pada foto satelit yang diambil pada Desember 2022, sementara yang lain dari awal April 2023 menunjukkan kemajuan berkelanjutan dalam pelebaran taxiway pesawat yang mengarah ke fasilitas pesawat bawah tanah di selatan landasan pacu.

Kehadiran WZ-8 di pangkalan tersebut dicatat dalam sebuah dokumen Badan Intelijen Geospasial Nasional AS dan bocor secara online melalui platform media sosial Discord.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *