Rusia resmi luncurkan pengembangan PAK DP (MiG-41) pengganti MiG-31

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Rusia secara resmi telah meluncurkan pengembangan pengganti pesawat pencegat MiG-31 (NATO: Foxhound) dengan nama program PAK DP (Predpolagayemyy vozdukha Kompleks dlya Dal’ney Perekhvat: Prospective Air Complex for Long-Range Interception).

Seperti diumumkan Rostec pada 22 Januari 2021, PAK DP yang telah disebut-sebut sejak 2015 kini programnya telah dimulai.

Berbeda dengan desain pesawat lama, rancangan baru ini tampak lebih futuristik.

“Pengembangan pesawat pencegat generasi berikutnya telah dimulai. Proyek PAK DP dengan sebutan ‘MiG-41’ sedang dalam tahap pekerjaan pengembangan,” kata Rostec.

Lima tahun lalu Panglima Tertinggi Angkatan Kedirgantaraan Rusia (VKS) Kolonel Jenderal Viktor Bondarev mengatakan, program ini kemungkinan akan diluncurkan pada 2019.

Seperti diberitakan Airspace Review sebelumnya, VKS saat ini meng-upgrade lebih 120 dari sekitar 200 unit MiG-31 standar ke varian MiG-31BM.

Peningkatan ini mencakup avionik, tampilan kokpit, datalink, radar, sistem kendali tembakan pesawat, dan pembaruan pada badan pesawat serta roda pendaratan.

MiG-31BM akan digunakan hingga tahun 2030-an dan setelah itu butuh pengganti.

Spesifikasi dan performa PAK DP belum dirilis. Namun ditaksir, jet tempur pencegat baru ini akan muncul di sekitar tahun 2028.

Baca Juga: Mikoyan Genjot Pengerjaan MiG-41, Pesawat Tempur Siluman Pencegat

Izvestia melaporkan, MiG-41 dirancang menjadi pencegat rudal hipersonik. Pesawat ini dapat membawa sistem rudal pencegat jarak jauh multifungsi (MPKR DP) yang akan mengeluarkan beberapa subrudal untuk meningkatkan kemungkinan mencegat senjata hipersonik.

PAK DP juga dirancang dapat membawa rudal antisatelit.

Roni Sont

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *