Hyundai Rotem mengirimkan lagi tujuh K2PL Black Panther MBT ke Polandia

K2PL Black Panther batch pertama untuk PolandiaIstimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Hyundai Rotem dari Korea Selatan kembali mengirimkan lagi tujuh Tank Tempur Utama (MBT) K2 Black Panther ke Polandia.

Tank ini akan diproduksi oleh konsorsium persenjataan Polandia-Korea Selatan yang dibentuk oleh Polish Armaments Group (PGZ) dan Hyundai Rotem.

Boeing_contoh2

Dengan tambahan ini, Hyundai Rotem telah memasok Brigade Mekanik ke-20 Angkatan Darat Polandia dengan 22 K2PL.

Pada Januari 2020 Polandia mengumumkan negosiasi dengan Hyundai Rotem untuk lisensi produksi K2PL bagi Angkatan Darat Polandia.

Pada 13 Juni 2022 Kementerian Pertahanan Polandia mengumumkan telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) untuk membeli setidaknya 180 tank K2PL.

Kontrak tersebut mencakup pasokan tank dengan cepat dan transfer teknologi ekstensif dari Korea Selatan. Nilai kontrak mencapai USD 3,37 miliar.

Kementerian Pertahanan Polandia juga berencana memesan tambahan 820 tank K2PL. Sebanyak 180 tank diproduksi oleh Hyundai Rotem di Korea Selatan mulai tahun 2022.

Pada 31 Maret 2023 Kementerian Pertahanan Polandia menandatangani perjanjian dasar dengan Hyundai Rotem untuk sebuah konsorsium guna memproduksi K2PL di Poznan.

Perjanjian tersebut mencakup pasokan K2PL, yang didesain ulang untuk memenuhi kebutuhan Militer Polandia, dan kendaraan pendukung berdasarkan platform K2PL.

K2 Black Panther merupakan MBT Korea Selatan yang dirancang oleh Badan Pengembangan Pertahanan dan diproduksi oleh Hyundai Rotem.

Desain tank ini dimulai pada 1990-an untuk memenuhi persyaratan strategis reformasi Angkatan Darat Republik Korea.

Produksi massal K2 dimulai pada 2013. K2 pertama dikirimkan ke Angkatan Bersenjata Korea Selatan pada Juli 2014.

Produksi massal K2 ketiga dimulai pada 2022. Produksi ini termasuk Sistem Manajemen Medan Perang (BMS) yang ditingkatkan dengan Format Pesan Variabel Korea ( KVMF), Korean Commander’s Panoramic Sight (KCPS), dan Korean Gunner’s Primary Sight (KGPS) dengan peningkatan resolusi dan fungsi pelacakan target otomatis.

K2 Black Panther dipersenjatai dengan meriam smoothbore CN08 kaliber 120 mm 55 berlapis krom yang dikembangkan oleh ADD dan WIA (sekarang Hyundai WIA).

Tank ini mampu mengenai objek berukuran 30 cm (12 inci) pada jarak lebih dari 1 km (0,62 mi).

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *