Amankan KTT ASEAN 2023, F-16 TNI AU laksanakan Combat Air Patrol

F-16 Skadron Udara 14 Amankan KTT ASEAN di Labuan BajoTNI AU
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Satu flight Jet Tempur F-16 Fighting Falcon dari Skadron Udara 14 TNI AU melaksanakan Combat Air Patrol (CAP) di selatan Pulau Bali dan wilayah selatan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Selasa (9/5/2023).

Selama pelaksanaan KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo yang berlangsung pada 9-11 Mei 2023 tersebut, sebagai unsur tempur sergap pesawat F-16 bertugas melaksanakan CAP yang meng-cover area Selatan dan Timur.

CAP yang dipimpin oleh Komandan Skadron Udara 14 Mayor Pnb Anwar Sovie tersebut dimaksudkan untuk memastikan situasi pengamanan udara jelang KTT ASEAN Summit 2023 tetap aman dan kondusif.

Sebelumnya, satu flight F-16 tersebut telah tiba di Lanud El Tari, Kupang untuk pengamanan udara KTT ASEAN pada Selasa (9/5).

TNI AU mengerahkan tiga unit F-16 dari Lanud Lanud Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur. Kedatangan pesawat disambut oleh Panglima Koops Udara Nasional (Pangkoopsudnas) Marsdya TNI M. Tonny Harjono.

Dalam mengamankan situasi udara selama pelaksanaan KTT ASEAN 2023, TNI-AU menyiagakan satu flight F-16 di Lanud El Tari, satu flight F-16 di Lanud Iswahjudi, dan satu flight Su-27/30 di Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, tulis Dispenau dalam siarannya.

TNI AU juga menyiagakan tiga unit Pesawat Angkut C-130 Hercules untuk pengangkutan dan evakuasi, serta empat unit helikopter di Labuan Bajo.

Selain alutsista pengamanan udara, TNI AU juga menempatkan dua pesawat C212 dari Skadron Udara 4 untuk melaksanakan TMC (Teknologi Modifikasi Cuaca). Pesawat ini siaga di wilayah Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *