TNI AU siagakan satu flight F -16 untuk pengamanan KTT ASEAN di Labuan Bajo

F-16 Skadron Udara 14 lakukan pengamanan KTT ASEAN di Labuan BajoTNI AU

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 Tahun 2023 akan segera digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Indonesia pada 9 -11 Mei.

Sebanyak delapan Pemimpin Negara, satu Perdana Menteri, serta Sekjen ASEAN dijadwalkan menghadiri konferensi tersebut.

Untuk  menjaga terciptanya rasa aman pertemuan para pemimpin negara-negara ASEAN, TNI AU menyiapkan Operasi Pengamanan VVIP/VIP di wilayah udara sekitar Labuan Bajo, NTT.

Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menyampaikan bahwa TNI AU menyiapkan satu flight pesawat tempur F-16 Fighting Falcon dari Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi, Magetan.

Pesawat tersebut ditugaskan sebagai Unsur Sergap di Bawah Kendali Operasi (BKO) Mabes TNI dan tergabung dalam Satuan Tugas Udara (Satgasud) yang dipimpin langsung oleh Pangkoopsud II Marsda TNI Andi Kustoro, tulis Dispenau.

Unsur Sergap F-16 terbagi dalam dua home base, yaitu di Lanud El Tari Kupang dari Skadud 14 dan Lanud Iswahjudi Magetan oleh Skadron Udara 3.

Flight pesawat F-16 Skadron Udara 14 dipimpin oleh Komandan Skadud 14 Mayor Pnb Anwar Sovie yang bertugas melaksanakan Combat Air Patrol (CAP) di  area Tambolaka.

Unsur Sergap juga akan bekerja sama dengan Satrad 226 Buraen, Kupang yang bertugas meng-cover area Selatan dan Timur.

Selain melaksanakan CAP, Unsur Sergap Skadud 14 juga akan melaksanakan Quick Reaction Alert (QEA), yaitu kesiapsiagaan skadron tempur untuk dapat airborne secepat mungkin apabila ada perintah dalam melaksanakan scramble di area Lanud El Tari Kupang.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *