BAE Systems dan KOVAL SYSTEMS produksi ranpur CV90 MkIV untuk Slovakia

CV-90 MK IVBAE Systems
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – BAE Systems dan perusahaan Slovakia KOVAL SYSTEMS melaksanakan kontrak kerja sama, berkolaborasi dalam pembuatan Kendaraan Tempur Infanteri (IFV) CV90 MkIV untuk Angkatan Bersenjata Slovakia. Hal ini diumumkan pada 2 Mei 2023.

Sebelumnya, pada Desember 2022, Kementerian Pertahanan Republik Slovakia menandatangani kesepakatan senilai 1,3 miliar euro dengan Swedia, untuk pengiriman 152 unit CV9035 IFV dari BAE Systems Hägglunds berdasarkan perjanjian pemerintah ke pemerintah.

Angkatan Darat Slovakia akan mendapatkan versi terbaru dari CV9035 yang disebut sebagai CV90 MkIV, menampilkan kemampuan canggih dan teknologi digital untuk memenuhi kebutuhan medan perang modern.

Perusahaan KOVAL SYSTEMS nantinya akan merakit sepenuhnya turret CV90 MkIV termasuk komponen mekanisnya.

Kedua perusahaan berencana untuk memproduksi sekitar 80 kendaraan pada tahap pertama di fasilitas Belusa.

Untuk spesifikasinya, CV90 MkIV memiliki bobot kisaran 37 ton, panjang 6,5 m, lebar 3,1 m, dan tinggi 2,7 m.

Kendaraan diawaki tiga kru (komandan, penembak, pengemudi), dan bagian kompartemen belakangnya menampung tujuh prajurit infanteri.

CV90 MkIV dibekali senjata utama kanon otomatis Bushmaster kaliber 35 mm, dan persenjataan sekundernya berupa senapan mesin kaliber 7,62 mm.

Kendaraan disokong oleh mesin diesel Scania DS14/16. Laju kecepatan maksimumnya mencapai 70 km/jam dengan jangkauan operasi sekitar 320 km.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *