Xi menelepon Zelensky: China bertekad memfasilitasi perdamaian dan gencatan senjata secepat mungkin

Presiden Xi Jinping menelepon Presiden Volodymyr ZelenskyAFP, Ukrinform

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Presiden China Xi Jinping menelepon Presiden Ukraina Volodymyr Zeensky pada hari Rabu. Xi mengatakan bahwa China akan mendorong dilakukannya gencatan senjata lebih awal di Ukraina.

“China bertekad untuk memfasilitasi proses perdamaian dan gencatan senjata secepat mungkin,” kata Presiden Xi Jinping, disiarkan saluran Televisi Pusat China (CCTV), 26 april 2023.

CCTV menyoroti, Presiden Xi menunjukkan bahwa China berharap semua pihak yang terkait akan merenungkan secara kritis konflik Ukraina.

Kemudian, melalui dialog diharapkan bersama-sama membuka jalan bagi perdamaian jangka panjang di Eropa.

Sementara itu, diberitakan oleh Ukrinform, Presiden Volodymyr Zelensky telah melakukan panggilan telepon dengan Presiden China Xi Jinping.

Presiden Ukraina mengatakan di akun Twitternya sebagai berikut:

“Saya melakukan panggilan telepon yang panjang dan bermakna dengan Presiden China Xi Jinping. Saya percaya bahwa panggilan ini, serta penunjukan Duta Besar Ukraina untuk China, akan memberikan dorongan yang kuat untuk pengembangan hubungan bilateral kita,” kata Zelensky.

Juru Bicara Presiden Ukraina, Serhiy Nykyforov, menginformasikan bahwa pembicaraan antara Presiden Volodymyr Zelensky dengan Presiden Xi Jinping berlangsung hampir satu jam.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *