Finlandia mengajukan pembelian sistem pertahanan udara David’s Sling dari Israel

Dafid's SlingWikimedia
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.coom) – Finlandia telah mengajukan pembelian sistem pertahanan udara jarak jauh canggih David’s Sling dari Israel.

Pembelian dengan nilai perkiraan kontrak mencapai 316 juta euro tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pertahanan udara berbasis darat Finlandia dengan memperluas jangkauan operasionalnya.

Sebagaimana kebutuhan Finlandia, sistem pertahanan udara yang dibeli harus mampu menjangkau target di ketinggian 15.000 m.

Rencana pengadaan sistem David’s Sling oleh Finlandia mencakup kontrak utama senilai sekitar 213 juta euro dan opsi langsung terkait dengan kontrak utama senilai 103 juta euro.

Selain itu, ada opsi lebih lanjut yang tersedia dengan nilai 216 juta euro, tetapi pelaksanaannya memerlukan keputusan terpisah, kata Kementerian Pertahanan Finlandia.

Sebagai bagian dari kontrak pengadaan, Kementerian Pertahanan Israel dan Kementerian Pertahanan Finlandia akan membuat perjanjian terpisah untuk menjamin keamanan pasokan sistem tersebut.

Sistem David’s Sling merupakan sistem pertahanan udara jarak jauh yang dikembangkan bersama oleh Israel dan Amerika Serikat.

Karena keterlibatan Amerika Serikat dalam pengembangan sistem, penjualan sistem ke Finlandia bergantung pada persetujuan melalui rilis penjualan dari pemerintah AS.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *