Ukraina akan membeli 100 kendaraan APC Rosomak buatan Polandia

Rosomak APC-IFVSpc. Robert Douglas
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Ukraina dikabarkan akan membeli 100 kendaraan lapis baja pengangkut personel (APC) Rosomak buatan Polandia.

Hal itu diungkapkan Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki melalui akun media sosialnya.

Boeing_contoh2

Pembelian ini akan didanai oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa. Rincian lainnya tidak diungkapkan, seperti diberitakan Defense Express pada 1 April 2023.

Rosomak APC adalah versi produksi lisensi Polandia dari kendaraan modular canggih Patria dari Finlandia. Kendaraan tersebut diproduksi oleh Rosomak SA.

Kementerian Pertahanan Polandia sebelumnya pada tahun 2002 telah memesan sebanyak 690 APC ini dan meningkat menjadi 1.000 unit di tahun 2013.

Versi Kendaraan Tempur Infanteri (IFV) dilengkapi dengan turet OTO Melara Hitfist-30P dari Italia. Kendaraan dilengkapi dengan kanon otomatis 30-mm ATK Mk44 Bushmaster II, senapan mesin UKM-2000C 7,62×51-mm, sistem kontrol tembakan dengan penglihatan termografi, dan sistem peringatan laser Obra.

Versi modern Rosomak-M2 dan M3 dilengkapi dengan turet terbuka OSS-D 40 mm dengan peluncur granat Mk-19 40 mm atau senapan mesin berat NSW/WKM-B 12,7 mm.

-JDN-

Boeing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *