TNI AU akan bangun Skadik 103 sebagai Sekbang PTTA di Lanud Wiriadinata

Dankodiklatau tinjau persiapan Skadik 103 di Lanud Wiriadinata_4TNI AU
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – TNI Angkatan Udara (TNI AU) sedang mempersiapkan pembangunan Skadron Pendidikan (Skadik) 103 di Lanud Wiriadinata, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Nantinya Skadik 103 ini akan menyelenggarakan Sekolah Penerbang Pesawat Terbang Tanpa Awak (Sekbang PTTA) bagi para perwira TNI AU.

Airbus_contoh2

Penyiapan sarana dan prasarana Skadik 103 ditinjau oleh Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI Angkatan Udara (Kodiklatau) Marsdya TNI Tedi Rizalihadi pada hari Senin (20/3).

Kedatangan Dankodiklatau disambut oleh Komandan Lanud Wiriadinata Kolonel Pnb. Adi Putra Buana dan Komandan Wing Pendidikan (Danwingdik) 609/Pembekalan Kolonel Kal Bambang Witono.

Setibanya di Baseops Lanud Wiriadinata dilaksanakan paparan oleh Komandan Lanud Wiriadinata terkait kondisi strategis, kekuatan, kemampuan, sarana dan fasilitas Lanud Wiriadinata dalam menunjang operasi dan mendukung kegiatan pendidikan di Skadron Pendidikan 103.

Dankodiklatau tinjau sarana dan prasarana untuk Skadik 103 di Lanud Wiriadinata. (TNI AU)

Usai paparan dari Danlanud Wiriadinata, dilanjutkan dengan briefing oleh Dankodiklatau mengenai pembentukan Skadik 103 di Lanud Wiriadinata Tasikmalaya.

Dikatakan oleh Dankodiklatau bahwa pembentukan Skadik 103 ini atas dasar perintah dari Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

“Skadik 103 ini kita aktifkan kembali, yang semula Skadik 103 PTTA dititipkan di Skadron Udara 51 Lanud Supadio Pontianak dinilai kurang ideal untuk pelaksanaan pendidikan, terlebih terbentur dengan kegiatan operasi penerbangan Lanud Supadio itu sendiri,” ujar Dankodiklatau dikutip Penerangan Kodiklatau.

Ditambahkan bahwa Lanud Wiriadinata memiliki kondisi wilayah yang sangat strategis, training area yang aman, panjang landasan yang ideal, trafik penerbangan yang jarang, fasilitas yang lengkap, dan iklim yang bersahabat.

“Kondisi-kondisi ini sehingga sangat ideal untuk menunjang pelaksanaan operasi pendidikan maupun latihan penerbangan,” tutur Dankodiklatau.

Usai briefing, Dankodiklatau meninjau Hanggar Dirgantara Pilot School Tasikmalaya (DPST) di mana di sana terdapat dua unit PTTA UAV-D.

Dankodiklatau meninjau persiapan pembangunan Skadik 103 di Lanud Wiriadinata, Tasikmalaya. (TNI AU)

Hadir dalam kunjungan kerja Dankodiklatau ini di antaranya Waasrena Kasau, Direktur Umum Kodiklatau, Kadislitbangau, para pejabat perwakilan jajaran Itjenau, Srenaau, Puslaiklambangjaau, Disbangopsau, Diskonsau, Dissurpotrudau, Koopsudnas, Dislitbangau, para pejabat utama PT Indo Pacific Communication & Defense, para pejabat utama Wingdik 600/Kal, serta para pejabat Lanud Wiriadinata.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *