Milrem Robotics pamerkan robot tempur Type-X di IDEX 2023

Type-X combat UGVIstimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Untuk pertama kalinya perusahaan asal Estonia, Milrem Robotics, memamerkan robot Type-X rancangannya di IDEX 2023, pameran pertahanan internasional yang berlangsung di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada 20-24 Februari.

Tipe-X varian tempur (combat UGV) ini tampil dengan dipersenjatai kanon otomatis 30 mm dan mengusung peluncur amunisi berkeliaran Hunter 2S Halcon.

Selain versi tempur, Milrem Robotics juga mengembangkan varian lainnya seperti versi antitank, antipesawat terbang, pengusung mortir, pengusung radar hingga kendaraan kargo dan recovery.

Dimensi Type-X terbilang kompak, panjang 6 m, tinggi 2,9 m, dan lebar 2,2 m. Sangat mudah dipindahkan lewat udara menggunakan pesawat sekelas C-130 Hercules.

Dengan baterai terisi penuh dan tangki penuh bahan bakar jenis JP8, Type-X mampu bergerak sejauh 600 km. Baterai juga dapat diisi ulang saat mesin diesel sedang berjalan.

Dalam pergelarannya di lapangan, Type-X akan maju didepan, diikuti oleh tank tempur utama (MBT) dan unit mekanis lainnya baik jenis IFV atau APC.

Type-X dikendalikan oleh operator dari dalam kabin sebuah kendaraan khusus jenis panser atau kendaraan roda rantai.

Type-X sangat ideal untuk digunakan pada situasi berisiko tinggi di mana kehadiran pasukan akan terlalu berbahaya.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *