Tinjauan desain kritis jet tempur gen-5 AMCA India telah selesai

AMCA IndiaIstimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Tinjauan desain kritis (CDR) dari semua sistem untuk Advanced Medium Combat Aircraft (AMCA), proyek jet tempur generasi kelima India telah selesai.

Dalam pameran Aero India 2023 yang diadakan di Bangalore pada 13-17 Februari, pejabat proyek senior mengatakan bahwa 16 sistem utama pesawat telah menyelesaikan CDR.

Airbus_contoh2

“Ini akan memungkinkan kami untuk menyelesaikan tinjauan desain kritis tingkat platform AMCA dalam satu hingga dua bulan,” kata pejabat proyek Aeronautical Development Agency (ADA) kepada Janes (16/2).

Enam belas sistem pesawat dinilai dalam CDR tingkat sistem, termasuk hidrolika, avionik kokpit, Integrated Vehicle Health Management (IVHM), kelistrikan, sistem senjata, dan ruang senjata internal.

AMCA adalah program pengembangan jet tempur multiperan siluman (stealth) generasi kelima untuk Angkatan Udara India dan diproyeksikan juga untuk Angkatan Laut India.

Desain pesawat dilakukan oleh Aeronautical Development Agency (ADA), Defense Research and Development Organization (DRDO), dan Hindustan Aeronautics Limited (HAL).

Untuk produksinya akan dikerjakan oleh perusahaan patungan antara DRDO dan HAL serta melibatkan juga perusahaan swasta India. Biaya pengembangannya diperkirakan sekitar 2 miliar dolar.

Kelak AMCA akan menggantikan jet tempur garis depan AU India saat ini Sukhoi Su-30MKI, yang rencananya akan mendapatkan 125 pesawat.

Pesawat akan ditenagai oleh dua mesin turbofan afterburning General Electric F414 pada AMCA Mark-1. sementara mesin joint venture (JV) yang lebih kuat direncanakan untuk AMCA Mark-2.

Sebagai jet siluman, AMCA memiliki ruang senjata internal untuk membawa rudal dan amunisi berpemandu presisi.

Senjata energi terarah juga direncanakan untuk digunakan juga pada AMCA.

-RBS-

One Reply to “Tinjauan desain kritis jet tempur gen-5 AMCA India telah selesai”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *