A-7308 dan A-1326 diberangkatkan ke Turkiye bawa Tim SAR dan logistik

Pengiriman bantuan Indonesia ke Turkiye dari Lanud Halim Perdanakusuma jakarta Sabtu 11-2-2023- Airspace ReviewTNI AU
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pemerintah Indonesia mengirimkan Tim SAR dan bantuan logistik ke Turkiye untuk membantu penanggulangan korban bencana gempa magnitudo 7,8 di Turkiye dan Suriah.

Pengiriman bantuan tahap pertama dilaksanakan dari Lanud Halim Perdanakusuma menggunakan dua pesawat TNI Angkatan Udara pada Sabtu, (11/2/2023)

Boeing_contoh2

Kedua pesawat tersebut adalah Boeing 737-400 registrasi A-7308 dari Skadron Udara 17 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta dan C-130 Hercules registrasi A-1326 dari Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.

Pesawat Boeing 737 A-7308 dipiloti oleh Mayor Pnb Arief R. Hakim. Pesawat membawa membawa personel yang tergabung dalam Medium Utility Search and Rescue (MUSAR) dan Emergency Medical Team (EMT). 

Tim MUSAR terdiri dari 20 personel Zeni TNI AD beserta peralatan untuk pencarian dan pertolongan. Tim yang memiliki kemampuan konstruksi dan operasi ini berasal dari Satuan Zeni TNI AD dan Basarnas.

Sementara Tim EMT adalah tenaga kesehatan militer TNI dan dari Kementerian Kesehatan. 

Personel TNI yang dikirim berasal dari TNI AD, TNI AL, TNI AU, dan Puskes TNI sejumlah 17 orang. Mereka terdiri dari terdiri dokter umum, perawat, serta dokter spesialis anastesi, bedah tulang, bedah umum, anak, dan penyakit dalam.

Total personel yang dikirim berjumlah 65 orang.

Selain itu, Puskes TNI juga membawa obat-obatan untuk pengobatan korban bencana.

Sementara pesawat C-130 Hercules dengan nomor registrasi A-1326 diterbangkan oleh pilot Lekol Pnb Yudi Bandung.

Pesawat membawa bantuan logistik berupa jas hujan, sepatu boot, selimut, bahan makanan, dan obat-obatan. 

Total bantuan logistik yang dibawa oleh pesawat C-130 Hercules dan pesawat Boeing 737 adalah seberat 11 ton.

Pengiriman bantuan dilepas secara simbolis oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy yang  didampingi oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi, dan Duta Besar Republik Turki untuk Indonesia Ahmet Cemil Miroglu.

Menko PMK mengatakan, pengiriman bantuan kali ini merupakan pengiriman tahap pertama yang akan disusul dengan pengiriman bantuan tahap-tahap berikutnya.

Tim pertama yang dikirim ke Turkiye akan melaksanakan tugasnya di Turkiye dan Suriah selama satu bulan.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *