Bos CIA ingatkan sesuatu yang buruk bisa terjadi di Ukraina beberapa minggu ke depan

Putin - Burns - ZelenskyInternet Files

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Direktur Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (CIA) William Burns memperingatkan, Ukraina tampaknya akan melihat sesuatu yang buruk dalam beberapa minggu ke depan.

Hal itu dikatakan Burns saat dengar pendapat tentang ancaman global terhadap Amerika Serikat di hadapan Komite Intelijen Parlemen AS pada hari Selasa (8/3/2022), seperti diberitakan VOA.

Burns menambahkan, Putin telah “mendidih dalam kombinasi yang mudah terbakar antara keluhan dan ambisi selama bertahun-tahun”.

“Keyakinan pribadi itu lebih penting daripada sebelumnya dalam sistem Rusia. Dia menciptakan sistem di mana lingkaran penasihatnya sendiri sempit dan COVID membuatnya semakin sempit,” lanjut Burns ditulis The Drive.

Di sisi yang lain, Direktur Intelijen Nasional AS Avril Haines menilai, Moskow telah meremehkan kekuatan perlawanan Ukraina dan tingkat tantangan militer internal.

“Perencanaan yang dibangun dengan buruk, masalah moral, dan masalah logistik yang cukup besar,” ujar Haines.

Ditambahkan, karena hal itu pula Kremlin kini mulai melonggarkan aturan keterlibatannya untuk mencapai tujuan militer mereka.

Bila nanti Rusia memasng rezin pro Rusia di Kyiv, situasi keamanan tak langsung terjamin.

Pemberontakan yang gigih dan signifikan akan terjadi, lanjut Haines.

Sehingga, kemenangan Rusia akan berubah seiring waktu mengingat biaya signifikan yang harus dikeluarkan Moskow.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *