Pasukan Ukraina sebarkan tank canggih buatan dalam negeri T-84U Oplot di wilayah Kharkiv

T-84U Oplot UkrainaIstimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Beredar sebuah video yang memperlihatkan tank tempur utama (MBT) T-84U Oplot buatan Ukraina sedang melakukan operasi tempur di wilayah Ukraina Timur.

Mengutip informasi dari video yang dipublikasikan di akun YouTube United24 pada 3 Februari 2023, beberapa tank T-84U saat ini dikerahkan di wilayah Kharkiv untuk melawan tentara Rusia dan pasukan pro-Rusia.

Berdasarkan riwayatnya, T-84U dikembangkan menggunakan basis tank T-84 oleh Biro Desain Morozov pada tahun 1994. T-84 sendiri merupakan versi upgrade dari tank T-80 era Uni Soviet.

T-84U adalah versi perbaikan lanjutan dari T-84 yang menampilkan sistem pengendalian tembakan yang lebih canggih dan sistem perlindungan lapis baja tambahan.

Desain keseluruhan T-84U mirip dengan T-84, kompartemen pengemudi di depan, turret di tengah, dan mesin di belakang. Tank memiliki tiga awak termasuk pengemudi, komandan, dan penembak.

Sebagai senjata utamanya, T-84U dipersenjatai dengan KBA-3 125 mm, yakni versi Ukraina dari kanon smoothbore 125 mm 2A46M-1 Rusia yang dilengkapi dengan selongsong termal dan ekstraktor asap.

Kanon telah menggunakan sistem pemuatan otomatis yang dapat menembakkan munisi jenis APFSDS, HE-FRAG, HEAT dan proyektil yang dipandu laser. Total membawa 43 amunisi dalam misi tempurnya.

Persenjataan kedua mencakup satu senapan mesin koaksial PKT 7,62 mm yang dipasang di sebelah kiri persenjataan utama dan sebuah berada di palka komandan dilengkapi dengan satu senapan mesin NSVT 12,7 mm.

T-84U dilindungi oleh paket Explosive Reactive Armor (ERA) Kontakt-5 yang merupakan tipe pertama yang mampu secara signifikan mengurangi penetrasi munisi APFSDS (armor-piercing fin-stabilized disposal sabot).

Tank ini juga dilindungi oleh kompleks penanggulangan optik-elektronik Shtora-1 yang dirancang untuk menghalangi laser anti-tank dan sistem inframerah dari rudal anti tank yang datang menyerang.

Sistem ini mengintegrasikan sensor peringatan laser, jammer inframerah, dan sistem peletakan layar asap/aerosol.

T-84U Oplot juga dilengkapi dengan radio R-163-50K baru, komputer balistik 1V528-2 generasi baru, dan sistem navigasi darat 1 KRNA baru.

Sebagai penggeraknya, T-84U dibekali mesin diesel berdaya 1.200 hp, yang dapat melarikan tank dengan kecepatan maksimum 75 km /jam dan kecepatan mundur 35 km/jam.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *