Uni Eropa menambah bantuan baru sebesar 545 juta euro ke Ukraina

Pasukan Ukraina menggunakan NLAW untuk menghancurkan tank RusiaAP
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Untuk menambah kekuatan militer dalam menghadapi Rusia, Uni Eropa pada 23 Januari 2023 telah memberikan dana tambahan baru sebesar 545 juta euro kepada Ukraina.

Dana 545 juta euro itu terbagi 500 juta euro untuk pasokan persenjataan dan peralatan militer serta 45 juta euro untuk pelatihan tentara Ukraina di Uni Eeropa.

Boeing_contoh2

Pertemuan para menteri luar negeri Uni Eeropa di Brussel, Belgia telah setuju untuk merilis dua alokasi yang didanai oleh Fasilitas Perdamaian Eropa.

Pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan 3,6 miliar euro bantuan keuangan militer ke Ukraina yang dibiayai dengan Fasilitas Perdamaian Eropa (EFF) dan akan ditanggung oleh negara-negara anggota.

Pada 12 Desember 2022, diumumkan bahwa menteri luar negeri Uni Eropa telah setuju untuk memasukkan dua miliar euro lagi ke dalam dana yang digunakan untuk membayar dukungan militer untuk Ukraina.

Dana tersebut sebagian besar telah habis digunakan dalam sepuluh bulan perang melawan Rusia sejak tanggal 24 Februari 2022.

Uni Eropa menegaskan kembali dukungannya terhadap kemerdekaan, kedaulatan, dan integritas wilayah Ukraina dalam batas-batas yang diakui secara internasional.

Dikatakan bahwa Ukraina memilik hak untuk mempertahankan diri dari agresi Rusia.

Uni Eropa menandaskan berdiri teguh dengan Ukraina dan akan terus memberikan dukungan militer, ekonomi, sosial, dan keuangan selama diperlukan.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *