Pasukan Ukraina gunakan MaxxPro MRAP di perbatasan negara dengan Belarus

MaxxPro MRAPMoD
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kendaraan tempur pengangkut pasukan MaxxPro sumbangan Amerika Serikat telah terlihat baru-baru ini sedang digunakan oleh pasukan Ukraina dalam sebuah latihan di wilayah perbatasan Ukraina dengan Belarus.

Ditengarai, latihan ini merupakan persiapan menghadapi gelombang serangan baru Rusia yang akan menyerbu Ukraina melalui wilayah Belarus, di mana pasukan Rusia dan tank tempurnya telah berada di sana sejak Desember 2022 lalu.

Seperti diketahui, kendaraan jenis MRAP (Mine Resistance Ambush Protected) MaxxPro merupakan bagian dari bantuan militer Paman Sam ke Ukraina yang diumumkan awal Oktober 2022 lalu.

Bantuan senilai 625 juta dolar tersebut, mencakup salah satunya 200 unit kendaraan MaxxPro yang diproduksi oleh Navistar Defense (anak perusahaan Navistar International).

Navistar Defense mengembangkan MaxxPro menggunakan kapsul kru dari truk komersial Navistar International seri 7000.

MaxxPro mengadopsi desain V-hull, guna membelokkan ledakan ranjau darat atau alat peledak improvisasi (IED) lebih jauh dari kendaraan untuk menyelamatkan penumpang di dalamnya.

Sebagai penggeraknya berupa mesin diesel MaxxForce D9.3I6 kapasitas 9.300 cc yang menghasilkan daya hingga 375 hp.

Untuk spesifikasinya, MaxxPro berdimensi panjang 6,5 m (versi pendek) dan 7,2 m (versi panjang), lebar 2,5 m, dan tinggi 3 m. Kabinnya dapat menampung 5-7 orang.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *