Denmark akan sumbangkan 19 CAESAR 8X8 SPH yang dimiliki ke Ukraina

CAESAR 2Nexter
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Bersenjata Denmark (Forsvaret) akan menyumbangkan seluruh 19 unit sistem persenjataan artileri CAESAR 8X8 SPH (Self-Propelled Howitzer) yang dimiliki ke Ukraina.

Pemerintah Denmark telah berkonsultasi dengan Parlemen negara itu mengenai hal ini pada pertemuan Dewan Kebijakan Luar Negeri, tulis media setempat.

Dikatakan, seluruh 19 senjata artileri CAESAR yang dimiliki Denmark akan disumbangkan berikut dengan paket pelatihan dan pendidikan bari para calon awaknya dari Ukraina.

Pada 14 Maret 2017, Denmark memilih CAESAR 8X8 untuk menjadi sistem artileri baru Angkatan Darat Kerajaan Denmark.

Sebanyak 19 howitzer ini dibeli dan dipasang pada truk Tatra 815 8X8.

Dari jumlah yang dibeli, sebanyak 15 unit telah diterima pada tahun 2021. Sementara 4 unit lainnya direncanakan akan dikirim pada tahun 2023 ini.

“Ini adalah sumbangan yang sangat besar dan signifikan. Kami terus berhubungan dengan Ukraina tentang artileri CAESAR ini. Saya senang karena kami sekarang telah menerima dukungan luas dari Parlemen Denmark,” ujar Menteri Pertahanan Denmark Jakob Ellemann-Jensen.

CAESAR (CAmion Équipé d’un Système d’ARTillerie) atau truk yang dilengkapi dengan sistem artileri, merupakan SPH 155/52 mm buatan pabrik Nexter, Prancis.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *