Ini dia, pesawat tertua di armada Singapore Airlines

Boeing 777-300 SIA 9V-SWBWikipedia
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dari hampir 150 pesawat penumpang yang masih diterbangkan oleh Singapore Airlines (SIA), ada satu pesawat yang berumur paling tua.

Pesawat ini diterima  pada November 2006 dan beregistrasi 9V-SWB.

Boeing_contoh2

Pesawat tersebut buatan Boeing dan sejak awal mengabdi untuk SIA.

Tidak lain, pesawat yang telah digunakan selama lebih dari16 tahun itu adalah Boeing 777-300ER.

Boeing 777-300ER (Extended Range) adalah versi B-market dari seri -300. Berat lapas landas maksimum (MTOW)-nya lebih tinggi.

Peningkatan dalam hal kapasitas bahan bakar memungkinkannya terbang sejauh 7.370 mil laut (13.650 km) dengan membawa 396 penumpang dalam pengaturan tempat duduk dua kelas.

Boeing 777-300ER dilengkapi dengan ujung sayap yang diperpanjang. Badan pesawat dan sayap yang diperkuat, serta roda pendaratan utama telah dimodifikasi.

Mengutip penelusuran Simple Flying, selain pesawat untuk mengangkut penumpang, ada juga pesawat tertua yang masih diterbangkan untuk mengangkut kargo oleh Singapore Airlines Cargo.

Pesawat tersebut adalah Boeing 747-400F dengan registasi 9V-SFI. Pesawat ini telah berusia 22,3 tahun.

Singapoe Airlines menerima 9V-SFI dari Boeing pada awal tahun 2000-an.

SIA dengan hub di Bandara Internasional Changi Singapura, menghubungkan kawasan Asia-Pasifik ke Amerika Utara dan Eropa serta sebaliknya.

Maskapai ini adalah operator terbesar dari Airbus A350. Namun selain mengoperasikan pesawat badan lebar, belakangan maskapai kelas dunia ini mengintegrasikan pesawat lorong tunggal Boeing 737 ke jajaran armadanya. Tadinya pesawat tersebut dioperasikan oleh anak perusahaannya yaitu SilkAir, yang telah ditutup.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *