Skadron Udara 4 menerima pesawat baru NC212i A-2115

NC212i A-2115 _TNI AU_ AIRSPACE REVIEW (1)TNI AU

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Skadron Udara 4, Wing Udara 2, Lanud Abdulrachman Saleh, Malang telah menerima satu lagi pesawat baru NC212i dari PT Dirgantara Indonesia (PTDI).

Pesawat bernomor ekor A-2115 itu tiba di Apron Skadron Udara 4 pada hari Rabu, 28 Desember 2022.

Pesawat diterbangkan dari PTDI di Bandung ke Malang oleh Komandan Skadron Udara 4 Mayor Pnb Deharday Nugraha. Penerbangan ditempuh selama kurang lebih 2 jam 16 menit.

Kedatangan pesawat disambut dengan prosesi water salute saat memasuki Skadron Udara 4 hingga parkir di depan hanggar.

Kegiatan berikutnya adalah pelaksanaan rangkaian tradisi penerimaan pesawat baru meliputi penyerahan sertifikat kelaikan terbang dari Kapuslaik Kemhan kepada Komandan Lanud Abdulrachman Saleh, peresmian logo, penyiraman air bunga, sambutan, doa, dan foto bersama.

Dalam sambutannya Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Zulfahmi mengatakan, penambahan pesawat INI akan meningkatkan kesiapan Skadron Udara 4.

“Dengan penambahan alutsista ini maka Skadron Udara 4 akan meningkat juga kesiapan pesawatnya sehingga pelaksanaan training penerbangan di Skadron Udara 4 akan dapat terlaksana sesuai jadwal yang direncanakan, sehingga profesionalisme penerbangnya akan meningkat,” ujar Danlanud.

Sementara itu Komandan Skadron Udara 4 mengatakan, pesawat NC212i A-2115 adalah pesawat multiguna generasi terbaru. Pesawat memiliki kapasitas angkut 23 penumpang.

NC-212i juga dapat digunakan untuk misi KPTPA (Kursus Pengenalan Terbang Pesawat Angkut), angkutan udara, patroli maritime, dan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

Hadir pada acara penyambutan kedatangan pesawat tersebut Kapuslaik Kemhan RI Marsma TNI Yani Rudiansyah dan Rektor ITDA Marsma TNI Arwin Datumaya.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *