Kazakhstan terima gelombang pertama ranpur Arlan-2 MRAP

Arlan-2 MRAPKPE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kazakhstan Paramount Engineering (KPE) telah mengirimkan gelombang pertama kendaraan tempur (ranpur) multiperan generasi baru Arlan-2 kepada pasukan keamanan negeri itu.

Arlan-2 adalah kendaraan perang jenis MRAP (Mine Resistant Ambush Protected) yang sanggup menghadapi ranjau atau bahan peledak improvisasi (IED).

Kendaraan mampu bertahan dari efek ledakan setara 8 kg TNT di bawah badan dan roda atau efek ledakan 50 kg TNT dari arah samping.

Arlan-2 yang dikirimkan kepada pasukan keamanan Kazakhstan ini merupakan versi angkut pasukan atau APC yang menampung 10 prajurit termasuk tiga awak.

MRAP ini mampu berlari hingga 100 km/jam, dengan jarak jelajahnya kisaran 700 km. Mampu beroperasi di suhu ekstrem -50C hingga +50C.

Sebelumnya, pada Desember 2017, lima tahun silam, KPR telah mengirimkan varian Arlan generasi pertama ke pasukan khusus negeri itu.

KPE adalah salah satu perusahaan terbesar di kawasan Asia Tengah yang merupakan anak perusahaan Paramount, Afrika Selatan.

Saat ini KPE memproduksi ranpur Arlan 4X4 generasi 1 dan 2, juga panser pengangkut personel lapis baja Barys berpenggerak 8×8.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *