Amerika Serikat setujui kirimkan 37 Cougar MRAP ke Ukraina

Cougar MRAPIstimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pada 21 Desember 2022, Departemen Pertahanan Amerika Serikat telah menerbitkan daftar baru peralatan militer berupa senjata dan kendaraan tempur yang akan dikirimkan ke Angkatan Bersenjata Ukraina.

Dalam daftar bantuan terbaru dari Paman Sam tersebut termasuk juga 37 unit Cougar MRAP (Mine Resistant Ambush Protected) dan 120 kendaraan taktis 4X4 AM General Humvee.

Terkait mengenai Cougar, kendaraan anti ranjau ini dikembangkan oleh perusahaan Force Protection, yang sekarang menjadi bagian dari General Dynamics Land Systems (GDLS).

Dikembangkan untuk memenuhi kendaraan tempur baru yang lebih aman untuk pasukan AS yang dikerahkan di palagan Afghanistan dan Irak.

Kendaraan MRAP ini menawarkan perlindungan tingkat tinggi terhadap ranjau dan IED (Improvised Explosive Devices).

Cougar MRAP tersedia dalam dua versi utama, pertama varian 4X4 yang diawaki tiga kru termasuk seorang komandan, pengemudi, dan penembak serta menampung empat prajurit bersenjata.

Versi kedua yakni berpenggerak 6X6, menampung tiga awak termasuk seorang komandan, pengemudi, dan penembak serta dapat membawa enam prajurit bersenjata.

Kedua versi Cougar tersebut dapat dilengkapi dengan turret atap terbuka dengan pelat baja 360 derajat yang memberikan perlindungan terhadap tembakan senjata kecil.

Turret dapat dipersenjatai dengan satu senapan mesin kaliber 7.62 mm atau 12.7 mm yang dioperasikan secara langsung oleh seorang juru tembak.

Kendaraan jenis MRAP telah terbukti memberikan peningkatan signifikan dalam perlindungan awaknya yang meningkatkan kepercayaan diri prajurit di medan tempur.

Dalam banyak kasus, banyak prajurit yang selamat meskipun kendaraannya rusak parah akibat ledakkan ranjau yang dilindasnya.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *