Tank jadul M-55S sumbangan Slovenia telah dioperasikan tentara Ukraina

Tank M55SValery Markus
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Tank tempur utama (MBT) M-55S yang disumbangkan oleh negara Slovenia kini telah beroperasi di tangan tentara Ukraina.

Hal ini tampak dari foto yang diedarkan oleh Valery Markus NCO (Non-Commissioned Officer) dari Brigade Serbu ke-47, yang dimuat di situs MIL.IN.UA pada 17 Desember 2022.

Boeing_contoh2

Pada 19 September 2022, dilaporkan bahwa Slovenia menyetujui transfer sebanyak 28 tank M-55S, dan pada 29 Oktober 2022, Kyiv Independent menerbitkan berita bahwa tank M-55S Slovenia telah dikirim ke Ukraina.

Mengenai sejarahnya, pada pertengahan 1990 Slovenia meluncurkan program modernisasi untuk meng-upgrade tank ‘jadul’ T-55 buatan Uni Soviet yang kemudian dikenal sebagai M-55S.

Varian upgrade-55S ini mulai selesai tahun 1997 dan mulai resmi beroperasi dengan tentara Slovenia pada tahun 1999.

Desain M-55S mempertahankan tata letak asli T-55 buatan Soviet tetapi dilengkapi dengan peningkatan baru dalam hal mobilitas, perlindungan, dan daya tembak.

Untuk meningkatkan mobilitas lintas alam, suspensi M-55S1 diganti termasuk mendapatkan tapak roda baru selebar 580 mm telah dilengkapi dengan bantalan karet, serta sistem kemudi hidrolik telah dipasang.

Mesin diesel berpendingin air V-12 bawaan yang berdaya 580 hp telah digantikan oleh mesin diesel baru berdaya 600 hp.

Kendaraan dapat melaju maksimum di jalan datar hingga 50 km/jam. Dengan tangki solar penuh, jarak jelajah maksimumnya mencapai 500 km.

Dalam hal perlindungan, M-55S1 telah ditingkatkan dengan Explosive Reactive Armor (ERA) di sekitar tubuhnya untuk meningkatkan perlindungan terhadap serangan High Explosive Anti-Tank (HEAT).

Sementara senjata utama D-10R 100 mm asli diganti dengan L7/M68 kaliber105 mm yang mampu menembakkan berbagai macam munisi.

Amunisi tersebut termasuk High Explosive Anti-Tank -Tracer (HEAT-T), Armor Piercing Fin Stabilized , membuang Sabot – Tracer (APFSDS-T) dan High Explosive Squash Head – Tracer (HESH-T).

Tank M-55S memiliki empat awak termasuk seorang pengemudi yang terletak di sisi kiri depan lambung dan satu penembak, pemuat munisi, dan komandan di turret.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *