Spanyol lengkapi jet tempur Typhoon dengan rudal Brimestone

Typhoon membawa rudal BrimestoneBAE Systems
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Spanyol akan melengkapi pesawat tempur Eurofighter Typhoon miliknya dengan rudal udara ke permukaan MBDA Brimstone.

Keputusan tersebut telah dikonfirmasi oleh Kepala Grup Wing Udara ke-14 Letkol Jesus Salazar Ortiz de Landazuri, di Pangkalan Udara Los Llanos, dekat kota Albacete pada 13 Desember.

Airbus_contoh2

Grup ini memiliki spesialisasi dalam serangan darat dan misi penetrasi.

Persenjataan baru akan dipresentasikan ke Esquadra 141, setelah selesainya pekerjaan di Unit Evaluasi Operasional Angkatan Udara Spanyol, di Madrid.

Skadron garis depan kemudian akan melanjutkan penilaiannya dan menetapkan taktik, teknik, dan prosedur menggunakan Typhoon di Kepulauan Canary.

Rudal pertama rencananya akan dikirimkan pada akhir 2023.

Angkatan Udara Spanyol mengoperasikan armada Typhoon dari pangkalan udara Ala 11 de Morón dan Ala 14 de Albacete.

Para penempur ini melindungi wilayah Spanyol dan memainkan peran penting bagi NATO dalam berbagai misi pengawasan udara di Baltik dan Laut Hitam.

Pada Juni 2022, Spanyol menandatangani perjanjian pembelian 20 pesawat Eurofighter Typhoon tambahan dari NATO Eurofighter and Tornado Management Agency (NETMA) seharga 2 miliar euro (2,15 miliar USD) untuk menggantikan batch pertama EF-18 Hornet.

Mengenai Brimstone, rudal ini diproduksi oleh MBDA untuk Angkatan Udara Kerajaan (RAF), dilengkapi dengan panduan laser dan inersia, tergantung variannya.

Rudal Brimestone akan melengkapi bom GBU-12 buatan AS, yang menjadi andalan armada Typhoon Spanyol saat ini.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *