Militer Rusia berhasil hancurkan Bureviy MLRS langka milik Ukraina

Rusia hancurkan Bureviys MLRS milik UkrainaIstimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Telah beredar video, kendaraan perang peluncur roket multi laras (MLRS) Bureviy 220 langka milik Ukraina yang berhasil dihancurkan pasukan Rusia.

Diketahui, sistem roket altileri medan ini dirancang dan diproduksi oleh Industri Pertahanan Ukraina dan resmi diperkenalkan tahun 2020.

Airbus_contoh2

Pada Juni 2022 kendaraan ini diterjunkan dalam perang melawan Rusia. Tak ada data berapa unit yang telah dibangun, namun diperkirakan jumlahnya sedikit.

Kendaraan pengusung roketnya didasarkan pada sasis truk T815-7T3RC1 yang diproduksi oleh perusahaan Tatra, Ceko.

Bureviy dapat menampung lima awak. Kabin lapis bajanya memberikan perlindungan balistik STANAG 4569 Level 2 yang tahan terhadap tembakan senjata ringan kaliber 7,62 mm.

Sementara untuk perlindungan ranjau pada STANAG 4569 Level 3a/3b yang tahan menghadapi ledakan setara 8 kg TNT di roda atau bawah kabin.

Truk berpenggerak 8X8 ini dibekali mesin diesel turbo yang mampu melarikan kendaraan hingga kecepatan 105 km/jam dengan jangkauan operasi 700 km.

Rak roketnya serupa yang digunakan pada BM-27 Uragan. Tersedia 16 tabung peluncur roket kaliber 220 mm dengan susunan 6 di bawah, 6 di tengah, dan 4 di atas.

Bureviy telah dilengkapi dengan sistem kontrol tembakan digital baru, termasuk sistem pertukaran informasi di medan perang.

Jangkauan tembakanya antara 35 hingga 65 km, lebih unggul dari jangkauan BM-27 tua milik militer Ukriana yang daya tembak maksimumnya hanya 40 km.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *