Pemotongan baja pertama Kapal Fregat Merah Putih telah dilakukan oleh PT PAL

PEMOTONGAN BAJA PERTAMA ARROWHEAD 140_AIRSPACE-REVIEW.COMAR, PT PAL

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pada pameran Indo Defence bulan November 2022, CEO PT PAL Kaharuddin Djenod menyampaikan bahwa galangan kapal nasional yang dipimpinnya sedang bersiap untuk mengerjakan kapal fregat pertama pesanan TNI Angkatan Laut.

Pemotongan baja pertama (first steel cutting) akan dilakukan pada bulan November 2022, untuk pembuatan kapal yang dinamai Fregat Merah Putih tersebut, tulis Janes.

Namun sampai penghujung November, belum dilakukan kegiatan tersebut.

Pada 9 Desember 2022, barulah muncul foto seremoni acara pemotongan baja pertama yang dilaksanakan di fasilitas PT PAL Surabaya.

Seperti diketahui, grup pertahanan Inggris Babcock pada September 2021 mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani perjanjian lisensi untuk memberikan desain Arrowhead 140 (dikenal juga sebagai Fregat Type 31) kepada PT PAL.

Dalam pernyataannya, Babcock menyebutkan dengan lisensi ini memungkinkan bagi PT PAL untuk membangun dua kapal perang Arrowhead 140 di Indonesia dengan modifikasi desain khusus untuk TNI Angkatan Laut.

Namun demikian, beberapa komponen penting pada Fregat Merah Putih tetap akan didatangkan dari Babcock Inggris.

Untuk spesifikasinya, Fregat Merah Putih akan memiliki panjang 138,7 m, lebar 19,8 m, dengan bobot 5.700 ton, dan diawaki 100 kru.

Disebutkan, PT PAL akan mengerjakan pembangunan kapal tersebut selama kurun 69 bulan, atinya akan diserahkan pada 2026-2027 mendatang.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *