Ratusan rudal jelajah Rusia akan segera diluncurkan ke Ukraina?

Tu-95MS dan Tu-160 di Pangkalan Udara Engels Rusia

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Baru-baru ini beredar citra satelit pada 28 November, yang menunjukkan bahwa Angkatan Udara Rusia telah mengerahkan sejumlah besar pembom strategisnya ke pangkalan udara Engels di wilayah Saratov, Rusia.

Dalam gambar tampak 14 pembom strategis Tu-95MS Bear-H dan 4 pembom strategis Tu-160 Blackjack tiba-tiba hadir dan berkumpul di Pangkalan Udara Engels.

Kedua pembom strategis tersebut mampu membawa rudal jelajah jarak jauh, yang dapat diluncurkan secara akurat dari udara.

Pakar militer Barat dan Ukraina khawatir Rusia dapat menggunakan rudal ini untuk melancarkan serangan baru terhadap infrastruktur energi Ukraina dengan rudal jelajah secara masif.

Pangkalan Udara Engels di wilayah Saratov ini hanya berjarak sekitar 1.000 km dari perbatasan Ukraina, jarak yang dianggap “terlalu dekat” dibandingkan dengan jangkauan terbang puluhan ribu kilometer dari pembom strategis Rusia tersebut.

Bahkan dengan jangkauan ribuan kilometer rudal jelajah Kh-555 dan Kh-101, pesawat dapat terbang di atas langit sekitaran lapangan terbang saja dan tetap meluncurkan rudal ke semua sasaran di wilayah Ukraina.

Pakar militer Ukraina dan Barat mengatakan bahwa kehadiran yang tidak biasa dari pesawat pembom strategis ini menunjukkan bahwa kemungkinan perwira tinggi Rusia hadir di Engels untuk secara langsung mengontrol pesawat yang mempersiapkan serangan rudal baru ke Ukraina.

Sejumlah besar pembom strategis dan pesawat pendukung seperti Il-76/Il-78 di Pangkalan Udara Engels jelas-jelas menunjukkan meningkatnya bahaya bagi Ukraina.

Jumlah maksimum rudal yang dapat diluncurkan semua pesawat pembom yang hadir di Engels ini adalah hingga 132 rudal jelajah Kh-555 dan Kh-101, seperti diberitakan Defense Express (2/12).

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *