Mesir – Korea Selatan sepakat, produksi jet T-50 dan K9 SPH di Negeri Piramida

T-50 Black Eagles Aerobatic TeamRoKAF

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Mesir telah menandatangani perjanjian dengan Korea Aerospace Industries (KAI) pada 1 Desember 2022 untuk memproduksi jet T-50 di Negeri Piramida ini.

Pesawat akan diproduksi berdasarkan lisensi oleh AOI (Arab Organization for Industrialization), perusahaan milik negara.

“Kesepakatan dicapai sehubungan dengan arahan Presiden Abdel Fattah El-Sisi untuk melokalkan teknologi dan meningkatkan proporsi komponen lokal serta nilai tambah di berbagai industri pertahanan,” kata ketua AOI Mukhtar Abdel Latif, seperti diberitakan oleh Egypt Today.

Abdel Latif menambahkan, kesepakatan tersebut bertujuan untuk melokalkan teknologi pembuatan pesawat latih lanjutan untuk digunakan oleh angkatan bersenjata, atau diekspor ke negara-negara Afrika dan Arab.

Menurut kesepakatan itu, kedua belah pihak akan bertukar pengalaman dan kader manusia akan dilatih di AOI tentang pekerjaan manufaktur dan pemeliharaan.

Chief Executive Officer perusahaan Korea Yeong Kang mengatakan, dia menantikan untuk memperkuat aspek kemitraan dengan AOI di banyak industri pertahanan lainnya.

Pada Februari 2022, Menteri Pertahanan Mesir Mohamed Zaki menghadiri upacara penandatanganan dua MoU kerja sama militer antara Mesir dan Korea Selatan, serta penandatanganan kontrak dengan Hanwha Defense Korea Selatan untuk bersama-sama memproduksi EGY k9A1 155 SPH.

Kedua nota kesepahaman tersebut mengatur kerja sama di bidang industri pertahanan dan dukungan logistik, serta prinsip-prinsip pengaturan kerja sama di bidang penelitian dan pengembangan pertahanan.

Sesuai kontrak kerja sama, EGY k9A1 155 SPH akan diproduksi secara lokal (dalam jumlah yang dirahasiakan) di pabrik dan perusahaan Otoritas Nasional untuk Produksi Militer.

Menurut kantor Presiden Moon Jae-in di Seoul, Korea Selatan mencapai kesepakatan senjata senilai 1,6 miliar dolar AS untuk menyediakan SPH (self-propelled howitzer) K9 ke Mesir.

Menurut kantor presiden, ini adalah kontrak ekspor terbesar Korea Selatan untuk K9 155 SPH selain ekspor ke India, Turki, dan Polandia.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *