Latma dengan Australia, Kasal pimpin serbuan amfibi di Dabo Singkep

KASAL PIMPIN SERBUAN AMFIBI DI DABO SINGKEP - TNI AL - AIRSPACE REVIEW.TNI AL
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dalam latihan bersama (latma) antara TNI AL dengan Australian Defence Force (ADF) di Pantai Todak, Dabo Singkep, Kepulauan Riau, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono memimpin langsung serbuan amfibi, Minggu (20/11).

Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa menyaksikan langsung latma bersandi Ausindo Amphibious Assault Exercise (Ausindo AAJEX) tersebut.

Ausindo AAJEX merupakan bagian dari gelaran Indo-Pacific Endeavour (IPE), program latihan yang diselenggarakan oleh Royal Australian Navy bersama Angkatan Laut negara-negara di kawasan Indo-Pasifik di mana salah satunya adalah TNI AL.

Panglima TNI mengatakan, kerja sama dan latihan bilateral antara TNI dalam hal ini TNI AL dengan Australia telah dilaksanakan sejak tahun 1980-an.

Hanya saja, dalam pelaksanaan tahun ini kompleksitas latihannya ditambahkan, dengan menambah pelibatan aset dari pihak Indonesia maupun Australia. 

Dalam latihan ini TNI AL mengerahkan KRI Banjarmasin-592 beserta 500 prajurit termasuk Korps Marinir TNI AL, Kopaska, Taifib, Helikopter TNI AL, Tim Kesehatan, serta dukungan pesawat udara F-16 dari TNI Angkatan Udara.

Sedangkan Australia melibatkan Kapal Perang HMAS Adelaide, helikopter, LCC, Zodiac General Purpose Inflatable Boat, truk logistik, ambulans, serta jumlah personel yang nyaris seimbang, kata Dinas Penerangan TNI AL.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *