Ini daftar kerja sama alutsista Indonesia – Turki di Indo Defence 2022

ROKETSAN INDONESIA - TURKI _ AIRSPACE REVIEWRNS
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Disaksikan oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto di pameran Indo Defence 2022 di JIExpo Kemayoran, Indonesia dan Turki menandatangani sejumlah kesepakatan kerja sama bidang alutsista, simulator, sistem misi, dan jual beli rudal.

Penandatanganan dilakukan oleh Kabaranahan Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI Marsda TNI Yusuf Jauhari dengan President & CEO Havelsan Dr. Mehmet Akif Nacar dan Chairman of the Board Prof. Dr. Hacl Ali Mantar, Rabu (2/11).

Kemhan dalam keterangannya menjelaskan, penandatanganan kerja sama dengan Turkiye dimulai dengan pengembangan shooting simulator, parachute simulator, dan flight simulator.

PT Falah Inovasi Teknologi (Falah) dan Havelsan akan melakukan inovasi pada perangkat keras dan perangkat lunak dari sistem agar dapat sesuai dengan kebutuhan aparat militer Indonesia, aparat keamanan, aparat penegak hokum, dan berbagai pasukan khusus.

Menhan Prabowo mengapresiasi komitmen kuat Turkiye dalam mendukung kerja sama industri pertahanan, baik dalam kerangka Government-to-Government (G to G) maupun Business-to-Business (B to B).

“Kerja sama G to G dan B to B ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan industri pertahanan Indonesia,” ujar Prabowo didampingi Presiden Badan Industri Pertahanan Turki Prof. Ismail Demir.

Sejumlah kerja sama lainnya yang disepakati antara RI dan Turki di antaranya adalah:  penandatanganan kontrak kerja sama jual beli antara Kemhan dengan Havelsan, Turkiye.

Kemudian DEFEND ID yakni PT PAL, PT Noahtu Shipyard, dan PT Tesco Indomaritim kerja sama untuk kegiatan sebagai berikut: CMS Offshore Patrol Vessel (OPV) Warship, CMS Offshore Patrol Vessel (OPV) 90 M Warship, CMS (KCR) 90 M Warship, dan CMS Frigate Warship.

Selanjutnya, penandatanganan kontrak kerja sama jual beli antara Kemhan dengan Bogazici Savunma Teknolojileri, Turkiye dengan skup meluiputi Anti-drone and Weapory, penandatanganan kontrak kerja sama jual beli antara Kemhan dengan Tais Gemi Insa Ve Teknoloji A.S., Turkiye dengan kegiatan Kapal Cepat Rudal (KCR) Full Combat Mission.

Adapun kerja sama jual beli antara Kemhan dengan Roketsan, Turkiye dan PT Noahtu Shipyard meliputi kegiatan sebagai berikut: Khan Missile System, Roketsan Trisula-O Missile System (OMS), Trisula-O Weapon System (OWS), Trisula-U Missile System (UMS), Trisula-U Weapon System (UWS), dan Atmaca Missile at FFBNW OPV and OPV 90 M.

-RNS-

One Reply to “Ini daftar kerja sama alutsista Indonesia – Turki di Indo Defence 2022”

  1. Mantaap, lanjutkan kerjasamanya Dan perbanyak alutsista Turki + ToT.
    Terutama pengadaan Rudal dlm jumlah besar Dan ToT Rudal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *