JAT TNI AU dan S-70i AU Brunei lakukan demo dinamis di hari pertama Indo Aerospace 2022

S-70i Black Hawk_Airspace ReviewRBS
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Hari pertama perhelatan Indo Aerospace 2022 Expo & Forum pada 3-4 November 2022 yang dilaksanakan di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, dihangatkan oleh demo dinamis.

Adalah JAT (Jupiter Aerobatic Team) sebagai pembuka acara, tepat pada pukul 10.00 WIB. Tim yang terdiri enam pesawat KT-1B Woongbi ini melakukan beberapa atraksi yang memukau di atas langit Cililitan.

Boeing_contoh2
Jupiter Aerobatic Team/RBS

Pada kesempatan kedua demo dinamis, sebagai tamu kehormatan Angkatan Udara Kerajaan Brunei menurunkan satu dari dua helikopter Sikorsky S-70i yang dibawanya, menunjukkan kebolehan BlackHawk berakrobat di ketinggian rendah.

Sementara untuk pameran statis, berjejer pesawat sayap tetap yang terdiri dari N219 dan CN235 FTB yang dibawa PT Dirgantara Indonesia dari Bandung.

Turut memeriahkan juga pesawat dan helikopter TNI AU yang diproduksi oleh PTDI yakni NC212i-400, CN295 dan helikopter EC725 Caracal versi Combat SAR (CSAR). TNI AU juga membawa satu unit helikopter ringan EC-120B Colibri.

Pusat Penerbangan TNI AL (Puspenerbal) juga memamerkan pesawat miliknya yang juga diproduksi oleh PTDI yakni CN235 MPA dan helikopter AS565 MBe Panther.

AS565 MBe Panther/RBS

Untuk pesawat sipil sayap tetap lainnya yang ikut dipajang di pelataran Terminal Selatan Halim Perdanakusuma ini adalah pesawat penumpang ringan L410NG buatan Aircraft Industries, Ceko (sebelumnya: Let Kunovice).

Lalu juga tampak pesawat sport mungil berawak dua Blackshape Gabriel buatan Italia dengan penampilan yang cantik.

Untuk jenis pesawat tempur, satu-satunya yang hadir adalah Dassault Rafale dari Perancis. Sementara jet tempur Boeing F-15 dari Amerika Serikat batal hadir.

Rafale hadir di Indo Aerospace 2022 di Lanud Halim Perdanakusuma/RBS

Mengenai Indo Aerospace, ini merupakan bagian dari penyelenggaraan Indo Defence 2022 Expo & Forum, yang diadakan setiap dua tahun sekali.

Gelaran Indo Aerospace 2022 kali ini adalah yang ke-7 kalinya. Pertama kali diselenggarakan pada 2008 dan pada 2020 ditiadakan karena pandemi Covid-19.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *