Tambah 300 unit, Lithuania akan operasikan 500 kendaraan taktis JLTV

JLTV LithuaniaLithuania MoD
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Badan Material Kementerian Pertahanan Nasional Lituania telah menandatangani kontrak dengan Pemerintah AS untuk pengadaan tambahan 300 unit kendaraan taktis ringan gabungan JLTV (Joint Light Tactical Vehicle).

Pembelian tambahan melalui kontrak senilai 145 juta euro ini akan membuat jumlah total JLTV yang dimiliki Lithuania menjadi 500 unit.

Sebelumnya pada 2019, Lithuania dan Departemen Pertahanan AS menandatangani kontrak pengadaan 200 JLTV.

Pengiriman 300 JLTV baru akan dimulai tahun 2023 dan selesai pada 2024.

Kendaraan segala medan JLTV dimodernisasi sehingga memiliki turet tambahan dan senapan mesin M2 QCB 12,7 mm. Kendaraan dapat menampung lima anggota kru berikut senjatanya.

Menurut Kementerian Pertahanan Nasional Lithuania, JLTV akan memperkuat kemampuan angkatan bersenjata dan juga meningkatkan interoperabilitas dengan pasukan AS.

JLTV diharapkan memberikan perlindungan awak yang tinggi, dan membantu pasukan dengan operasi pengintaian, artileri, dan dukungan yang efektif.

Kendaraan taktis, yang diproduksi oleh Oshkosh Defense yang berbasis di AS ini, akan melayani Brigade Iron Wolf dan Griffin Angkatan Bersenjata Lithuania serta Pasukan Reaksi Cepat negara itu.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *