Ukraina klaim sikat jatuh 4 heli Ka-52 dalam waktu 18 menit

La-52Max Briansky

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Setelah rentetan rudal menghantam Ukraina, melenyapkan infrastruktur energinya pada 10 Oktober, pasukan Ukraina mengklaim memperoleh kemenangan dengan menjatuhkan empat heli serang Ka-52 AU Rusia dalam waktu singkat.

Menurut outlet media yang berbasis di Ukraina Ukrinform, AU Ukraina menembak jatuh setidaknya empat helikopter serang Rusia di Ukraina selatan dalam 18 menit.

Layanan pers AU Ukraina dilaporkan mengunggah pesan tersebut di saluran Telegram seperti diwartakan oleh The EurAsian Times (13/10).

Dari pukul 08:40 hingga 08:58 pada 12 Oktober, unit rudal anti pesawat AU Ukriana menghancurkan setidaknya empat helikopter serang musuh Ka-52 yang memberikan dukungan tembakan kepada pasukan pendudukan darat di poros selatan Ukraina, kata laporan itu.

Dari empat helikopter yang ditembak jatuh, satu helikopter jatuh di darat di wilayah yang di bebaskan dari invasi Rusia dan tiga helikopter lainnya jatuh di belakang garis depan.

Menurut laporan, ada kemungkinan besar bahwa jumlah helikopter yang jatuh akan meningkat, karena AU Ukriana menyatakan bahwa pasukan Ukraina juga menembaki dua helikopter tambahan.

Namun klaim Ukraina ini tak didukung bukti yang kuat seperti video atau foto hancurnya empat heli serang Ka-52 ini. Di lain pihak, Rusia tak menanggapi klaim Ukraina tersebut.

Angkatan Bersenjata Ukraina menyatakan pada 12 Oktober bahwa mereka telah berhasil merebut kembali lima pemukiman dari wilayah Kherson yang diduduki Rusia dalam serangan balasannya.

Prestasi ini signifikan karena terjadi dua hari setelah Rusia meluncurkan sebanyak 83 rudal jelajah di Ukraina, yang juga menggempur ibu kota Kyiv.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *