Ukraina akan terima 200 kendaraan tahan ranjau MaxxPro dari Amerika Serikat

MaxxPro MRAPVDevin Andrews
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pejabat Amerika Serikat pada Selasa (4/10) mengumumkan tambahan bantuan senilai 625 juta dolar untuk memperkuat militer Ukraina menghadapi perang melawan Rusia.

Paket bantuan terbaru dari Paman Sam ini mencakup 200 unit kendaraan MaxxPro Mine Resistance Ambush Protected (MRAP).

MaxxPro adalah kendaraan lapis baja berpenggerak 4X4 yang dikembangkan untuk program kendaraan anti ranjau militer Amerika Serikat yang dirancang tahun 2007.

Kendaraan ini ikut ambil bagian dalam program Mine Resistant Ambush Protected Vehicle (MRAPV) yang dipimpin oleh Korps Marinir, serta program Mine Protected Vehicle (MPV) milik Angkatan Darat Amerika Serikat.

Model dasar MaxxPro menggunakan kapsul kru dengan lambung berbentuk V, dipasang pada sasis truk Navistar International seri 7000.

Desain V-hull ini akan membelokkan ledakan ranjau darat atau alat peledak improvisasi (IED) menjauh dari kendaraan untuk melindungi penumpang di dalamnya.

Menurut Navistar Defense (anak perusahaan Navistar International), MaxxPro dirancang dengan mempertimbangkan kesiapan operasional tinggi.

Banyak menggunakan suku cadang standar kendaraan komersial umum yang mudah didapat, untuk memastikan perbaikan dan perawatan yang cepat.

Spesifikasi dari MaxxPro yakni berdimensi panjang 6,5 m (versi pendek) dan 7,2 m (versi panjang), lebar 2,5 m, dan tinggi 3 m. Kabinnya dapat menampung 5-7 personel.

Sebagai penggeraknya berupa mesin diesel MaxxForce D9.3I6 kapasitas 9.300 cc yang menghasilkan daya hingga 375 hp.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *