AS akan kirim tank ke Ukraina, model lawas atau baru?

M1A1 Abrams USMCUSMC
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Seorang pejabat senior pertahanan AS mengatakan pada 19 September bahwa ada kemungkinan pemerintah AS akan mentransfer tank ke Ukraina. Namun modelnya belum ditentukan.

Pernyataan pejabat senior tersebut disampaikan dalam konferensi pers Pentagon tentang keadaan perang Rusia.

Boeing_contoh2

“Tank benar-benar ada di atas meja,” ujarnya seperti diberitakan The Drive mengutip Voice of America.

Pasukan Ukraina perlu menunjukkan kemampuan mereka untuk memelihara tank Barat yang lebih modern sebelum pihak berwenang Amerika setuju untuk menyediakannya, kata Jack Detsch dari Kebijakan Luar Negeri.

Persyaratan bahwa pasukan Ukraina harus membuktikan diri mereka mampu mempertahankan armada tank Barat, tampaknya tidak mungkin menjadi pemecah kesepakatan besar.

Para pejabat AS mengatakan hal serupa di masa lalu menjelang pengiriman awal M142 HIMARS .

Militer Ukraina telah menunjukkan dirinya sangat mampu membuat kontingen dilatih dengan cepat untuk memelihara dan menggunakan HIMARS dan sistem senjata Barat lainnya yang lebih kompleks, seperti AGM-88 Harpoon, rudal antikapal yang diluncurkan dari darat.

Tidak jelas tank apa yang mungkin disiapkan pemerintah AS untuk ditransfer ke Ukraina.

Namun pernyataan pejabat AS itu memicu spekulasi tentang potensi tank M1 Abrams dikirimkan ke Ukraina.

Sejumlah konfigurasi M1 siap diekspor, termasuk tank yang lebih baru dan jauh lebih mampu daripada kebanyakan.

Ada juga kemungkinan bahwa Abrams yang lebih tua dalam inventaris militer AS dapat diturunkan secara memadai, dengan kontrol tembakan, komunikasi, dan sistem lain yang sensitif dihapus.

Dalam hal tank yang tersedia, Korps Marinir AS memutuskan beberapa tahun lalu untuk melepas seluruh armada M1. Sementara Angkatan Darat sudah memiliki sekitar 3.500 M1 lama di gudang.

Namun, M1 dapat menghadirkan tantangan pemeliharaan dan logistik yang unik bagi angkatan bersenjata Ukraina, yaitu karena mesin turbin gas yang haus bahan bakar dan kompleks.

Seperti T-80 Un Soviet yang diproduksi di Ukraina, juga bertenaga turbin gas. Tapi, varian dan turunan T-80 selanjutnya, termasuk T-84 Oplot modern Ukraina telah mengubah turbin dengan mesin diesel yang lebih sederhana dan lebih murah perawatannya.

Di luar MBT, mentransfer M1128 Stryker MGS (Mobile Gun System) 8X8 beroda ban yang dipersenjatai dengan meriam 105 mm, dapat menjadi opsi potensial lain bagi militer AS untuk membantu meningkatkan armada kendaraan lapis baja Ukraina.

Angkatan Darat AS mengumumkan rencananya untuk melepaskan semua M1128-nya tahun lalu, yang berarti bahwa mereka akan siap untuk dikirim ke Angkatan Bersenjata Ukraina.

Kendaraan ini dinilai sangat cocok untuk Ukraina dalam situasi tersebut, karena lebih sederhana dan lebih murah untuk dioperasikan dan dirawat daripada M1 Abrams.

Mengirim M1128 ke Ukraina dapat menjadi bagian dari dorongan yang lebih besar oleh pemerintah AS untuk memfasilitasi atau mempromosikan transfer kendaraan tempur tua dengan meriam 105 mm standar NATO ke Ukraina.

Misalnya, mungkin masih ada beberapa tank M60A3 Patton buatan AS yang dapat ditingkatkan secara signifikan dengan sensor modern dan kemampuan lainnya, disimpan di sejumlah negara NATO yang dapat dibantu oleh pihak berwenang Amerika untuk dikirim ke militer Ukraina.

Jalan keluar lain yakni kemungkinan untuk Jerman mengirim tank Leopard 1 yang lebih tua ke Ukraina, atau menyetujui pengiriman Leopard 1 dari pihak ketiga, juga telah menjadi topik diskusi selama berbulan-bulan.

Namun, untuk saat ini, pihak berwenang Jerman terus memblokir pengiriman Leopard 1, di antara kendaraan lapis baja buatan Jerman lainnya, ke Ukraina.

Jerman sendiri terus menolak untuk secara langsung mengirimkan tank Leopard 2 yang lebih modern ke Ukraina untuk menghindari memburuknya konfrontasi dengan Rusia.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *