Pasukan Ukraina terima 11 kendaraan lapis baja MLS Shield dari Italia

TEKNE MLS Shield 4X4VK

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pasukan Serangan Udara ke-79 tentara Ukraina telah menerima 11 kendaraan lapis baja MLS Shield 4X4 yang diproduksi oleh perusahaan Italia TEKNE.

MLS Shield ini dibeli oleh kelompok sukarelawan tentara Ukraina dan Yayasan Poroshenko, seperti diberitakan MilitaryLand (14/8).

Pembelian tepatnya dilakukan oleh yayasan mantan Presiden Ukraina P. Poroshenko bersama dengan organisasi publik Hromad Kanan dengan bantuan Kedutaan Besar Ukraina di Italia dan atase militer Italia di Kyiv.

TEKNE adalah perusahaan Italia yang merancang dan memproduksi sistem elektronik dan sistem kelistrikan, dengan fokus awal pada kendaraan khusus dan mesin pertanian.

MLS Shield 4X4 merupakan kendaraan lapis baja ringan yang memiliki desain konvensional dengan mesin di depan. Kru kendaraan ini berada di tengah dan kompartemen pasukan di belakang.

Sementara awak termasuk pengemudi dan komandan duduk di bagian depan. Lalu di bagian belakang lambung dapat menampung hingga delapan personel bersenjata lengkap.

Lambung MLS Shield memberikan perlindungan terhadap peluru dari senapan serbu kaliber 5.56 mm dan 7.62 mm. Armor kendaraan juga memberikan perlindungan terhadap ledakan ranjau atau IED (Improvised Explosive Device).

Sebagai tenaga penggerak, MLS Shield menggunakan mesin Cummins 6.7L I6 Turbo Diesel yang menghasilkan tenaga 360 hp. Dengan mesin ini kendaraan dapat dipacu hingga kcepatan maksimum 110 km/jam.

Di bagian atap MLS Shield, dapat dilengkapi dengan kubah berawak atau stasiun senjata yang dioperasikan dari jarak jauh (RCWS).

Selain itu masih ada pilihan persenjataan lain termasuk satu senapan mesin kaliber 7,62 mm atau 12,7 mm dan peluncur granat otomatis 40 mm.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *