Dapat Brevet Cakra, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit jadi prajurit Kostrad

Kapolri mendapat Brevet Kehormatan Cakra dari PangkostradPenkostrad

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mendapat Brevet Caktra dari Panglima Kostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak.

Brevet Kehormatan Cakra kepada Kapolri disematkan Pangkostrad usai menutup Latihan Standardisasi Prajurit Kostrad Gelombang XIII TA. 2022 di Pantai Palampang, Sukabumi, Jawa Barat pada hari Selasa (13/9/2022).

Dalam sambutannya, Pangkostrad mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung kepada Kapolri menjadi bagian dari Keluarga Besar Kostrad.

“Penyematan Brevet Kehormatan Cakra ini merupakan bentuk penerimaan dan pengukuhan serta penghargaan Kostrad kepada Kapolri, yang pada hari ini bersama-sama prajurit Kostrad selesai melaksanakan Latihan Standardisasi Prajurit Kostrad Gelombang XIII TA 2022 telah resmi menyandang sebagai prajurit Cakra Kostrad,” ujar Pangkostrad seperti disiarkan Penerangan Kostrad.

Momentum, lanjutnya, diharapkan dapat menjadi kebanggaan mengingat kualifikasi yang terkandung pada Brevet Cakra adalah kualifikasi yang diperoleh melalui latihan dan penggemblengan untuk mencapai suatu kemampuan khusus sesuai tuntutan bagi setiap prajurit Kostrad.

“Satuan Kostrad sebagai satuan tempur memiliki standardisasi yang harus disiapkan, untuk mengantisipasi dan menghadapi berbagai perkembangan situasi dan kondisi yang berkembang di seluruh wilayah NKRI,” ujar Pangkostrad.

Ditambahkan bahwa TNI-Polri adalah garda terdepan, untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Di daerah penugasan TNI dan Polri saling membantu dan selalu siap untuk melakukan dan mempertahankan persatuan dan kesatuan.

Sementara itu Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit menyampaikan rasa bangga bisa menyaksikan secara langsung latihan standardisasi prajurit Kostrad gelombang XIII yang baru saja ditutup.

“Alhamdulillah saya selaku Kapolri mendapatkan kehormatan menjadi warga kehormatan Kostrad. Baru saja saya mendapatkan penyematan langsung Baret Kostrad, Sangkur dan Brevet sebagai warga kehormatan Kostrad oleh Pangkostrad,” ujar Kapolri.

Kegiatan tersebut, lanjut Kapolri, meningkatkan sinergitas TNI-Polri yang selama ini sudah terjalin dengan baik, khususnya Kostrad dan Polri telah banyak membantu tugas-tugas yang dilaksanakan kepolisian bersama-sama menghadapai musuh-musuh negara, gangguan Kamtibnas yang akan mengancam masyarakat baik di kota, gunung-gunung, perbatasan-perbatasan dan daerah terpencil.

Setelah rangkaian upacara selesai, prajurit Cakra XIII menampilkan demonstrasi Beladiri Militer, Double Stick, atraksi pemecahan benda-benda keras, renang taktis, menembak di laut ditutup dengan pembebasan tawanan dan penghancuran sasaran.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *