India akan kembangkan radar AESA nasional untuk jet Su-30MKI

Su-30MKIUSAF

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan India (DRDO) akan mengembangkan radar pemindaian elektronik aktif (AESA) nasional untuk pesawat Su-30MKI Angkatan Udara India (IAF).

DRDO Electronics and Radar Development Establishment milik negara akan mengembangkan versi peningkatan dari radar Uttam untuk jet asal Rusia itu dalam tiga hingga empat tahun ke depan.

Seperti diberitakan Delhi Defense Review uji penerbangan radar ini akan dimulai dalam dua tahun ke depan.

DRDO dan IAF akan secara bersama-sama mendanai proyek tersebut dengan porsi pembiayaan terbesar oleh IAF.

IAF akan meminjamkan beberapa Su-30 MKI untuk keperluan pengembangan, integrasi, pengujian penerbangan, dan sertifikasi radar baru nantinya.

Versi baru dari radar ini akan memiliki modul pengirim dan penerima tambahan dan catu daya yang lebih besar untuk pelacakan dan jangkauan pencarian yang lebih baik.

Pesawat juga akan dilengkapi dengan kontrol penerbangan domestik yang lebih kuat, yang memungkinkan integrasi rudal jelajah hipersonik udara ke permukaan.

Selain untuk pesawat Su-30MKI, radar AESA ini juga akan diitengrasikan pada pesawat tempur buatan dalam negeri India seperti Tejas dan AMCA.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *