8 F-16 mendarat di Lanud Smh Palembang, gelar latihan Jalak Sakti 2022

F-16 Skadron Udara 16 mendarat di Lanud Smh_Jalak Sakti 2022_ TNI AU _ Airspace ReviewTNI AU
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sebanyak delapan jet tempur F-16 TNI Angkatan Udara telah mendarat di Lanud Sri Mulyono Herlambang (Smh) pada hari Jumat, 26 Agustus 2022.

Kawanan F-16 dari Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau tersebut datang untuk melaksanakan Manuver Lapangan Latihan Matra Udara II Komando Operasi Udara (Koopsud) I Jalak Sakti tahun ini yang akan berlangsung hingga 30 Agustus.

Kedatangan pesawat dengan para krunya tersebut disambut langsung oleh Komandan Lanud Smh Kolonel Pnb Sigit Gatot Prasetyo.

Danlanud Smh mengatakan, suatu kehormatan bagi warga Bumi Sriwijaya kedatangan tamu-tamu kehormatan yaitu para penerbang tempur beserta para personel pendukung lainnya di bawah jajaran Koopsud I beserta tim dari Komando Operasi Udara Nasional (Koopsudnas).

Dikatakan lebih lanjut, Latihan Jalak Sakti 2022 bertujuan meningkatkan dan mengukur sejauh mana kesiapan operasional satuan-satuan di jajaran Koopsud I.

Hal ini sangat penting karena tingkat ancaman dan tingkat gangguan yang ada di kawasan ini cukup dinamis dan eskalasinya cukup tinggi, sehingga diperlukan adanya satu latihan untuk mengukur kesiapan operasional.

Latihan ini juga akan meningkatkan kerja sama dan koordinasi dalam melaksanakan tugas untuk mendukung program kerja Koopsud I yang dilaksanakan dua tahap dengan Geladi Posko pada 22-25 Agustus yang diakhiri dengan Tactical Air Manuvering Game (TAMG) di Makoopsud I serta Geladi Lapangan pada 28-30 Agustus.

Pada tanggal 30 Agustus nanti, ujar Danlanud Smh, merupakan hari puncak pelaksanaan. Harapannya semua masyarakat Bumi Sriwijaya dapat mendukung kegiatan ini sehingga latihan dapat terlaksana dengan baik serta berjalan dengan aman dan lancer.

Pada kesempatan yang sama, Paban III Lat Sops Koopsudnas Kolonel Pnb Anjar Legowo sebagai Pengawas dan Pengendali (Wasdal) dari Koopsudnas menambahkan, pelaksanaan latihan yang akan disaksikan nantinya adalah rangkaian operasi udara dan penembakan target-target di permukaan yang akan dilaksanakan di daerah latihan di Lampung.

Sementara itu, Komandan Skadron Udara 16 Mayor Pnb Bambang Aulia Yudhistira mengatakan, dalam kegiatan Jalak Sakti 2022 ini Skadron Udara 16 mendapat bebberapa tugas. Antara lain adalah melaksanakan misi menghalau serangan musuh dari udara dan menghancurkan sasaran-sasaran darat.

Penghancuran sasaran-sasaran darat ini untuk mengukur bagaimana tingkat latihan Skadron Udara 16 yang selama ini dilaksanakan.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *