IAF andalkan 4 Su-30MKI di Exercise Pitch Black 2022

Su-30MKI dan Eurofighter Typhoon_ Pitch Black 2022_ IAF Twitter _ Airspace ReviewIAF

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Turut ambil bagian dalam latihan tempur udara multinasional Exercise Pitch Black 2022, Angkatan Udara India (IAF) mengirimkan empat jet tempur andalan mereka, Su-30MKI.

Tim dari IAF didukung oleh 100 prajurit dan dua pesawat angkut berat C-17 Globemaster III.

IAF melalui unggahan di akun media sosialnya mengatakan, berbagai situasi disimulasikan melibatkan berbagai platform selama Latihan Pitch Black 2022.

“Pada fase pertama #ExPitchBlack22, tim #IAF mengambil bagian dalam beberapa misi dengan Angkatan Udara yang berpartisipasi. Berbagai situasi disimulasikan yang melibatkan berbagai platform,” cuit IAF.

Disebutkan bahwa tim IAF tiba di Darwin, Australia pada 18 Agustus dengan dipimpin oleh Group Captain (Kolonel) YPS Negi.

“Kontingen IAF, yang dipimpin oleh Group Captain YPS Negi, terdiri lebih dari 100 prajurit udara, dikerahkan dengan empat pesawat tempur Su-30 MKI dan dua pesawat C-17. Mereka akan melakukan misi pertempuran udara multi-domain di lingkungan yang kompleks dan akan saling bertukar informasi terbaik, praktik dengan angkatan udara yang berpartisipasi,” jelas IAF.

Exercise Pitch Black 2022 diikuti oleh 17 negara dengan 100 pesawat dan 2.500 persone. Negara yang terlibat dalam latihan ini adalah Australia, Kanada, Prancis, Jerman, Indonesia, India, Jepang, Malaysia, Belanda, Selandia Baru, Filipina, Republik Korea, Singapura, Thailand, UEA, Inggris, dan Amerika Serikat.

Jerman, Jepang, dan Republik Korea merupakan peserta baru latihan dua tahunan ini untuk pertama kalinya.

Direktur Grup Keterlibatan Exercise Pitch Black 22 dari RAAF, Kapten Peter Wood, mengatakan kegembiraannya di mana latihan Pitch Black dapat digelar lagi setelah terhenti akibat pandemi COVID-19.

“Partisipasi internasional dalam Latihan Pitch Black, dari dalam kawasan Indo-Pasifik dan lebih jauh ke luar negeri, memberikan pengalaman kepada semua personel negara dalam bekerja dengan pesawat terbang, sistem, dan praktik kerja, di lingkungan unik Australia utara, yang sebelumnya tidak akan dikenal,” ujar Wood.

Exercise Pitch Black 2022 dilaksanakan selama tiga minggu mulai 19 Agustus hingga 8 September.

Tiga pangkalan RAAF digunakan untuk latihan ini yaitu RAAF Base Darwin, RAAF Base Tindal, dan RAAF Base Amberley.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *