Brigade Serangan Udara ke-79 Ukraina menerima 11 MLS Shield dari Italia

MLS Shield 4X4IDT
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Brigade Serangan Udara ke-79 tentara Ukraina dilaporkan telah menerima 11 kendaraan lapis baja MLS Shield 4X4 yang diproduksi oleh perusahaan Italia TEKNE.

Mengutip informasi dari MilitaryLand (14/08) MLS Shield ini dibeli oleh kelompok relawan tentara Ukraina dan Yayasan Poroshenko.

Pembelian 11 MLS Shield dari TEKNE ini dilakukan oleh yayasan mantan Presiden Ukraina P. Poroshenko bersama organisasi publik Hromad Kanan dengan bantuan Kedutaan Besar Ukraina di Italia dan atase militer Italia di Kyiv.

TEKNE adalah perusahaan Italia yang merancang dan memproduksi sistem elektronik dan sistem kelistrikan, dengan fokus sejak awal pada kendaraan khusus dan mesin pertanian.

MLS Shield merupakan kendaraan lapis baja ringan yang memiliki desain konvensional dengan mesin di depan, kru di tengah, dan kompartemen pasukan di belakang.

Awak termasuk pengemudi dan komandan duduk di depan kendaraan dan bagian belakang lambung dapat menampung hingga delapan personel bersenjata lengkap.

Lambung MLS Shield memberikan perlindungan terhadap tembakan peluru senapan serbu kaliber 5.56 mm dan 7.62 mm.

Armor kendaraan juga memberikan perlindungan terhadap ledakan ranjau atau IED (Improvised Explosive Device).

MLS Shield ditenagai oleh mesin Cummins 6.7L I6 Turbo Diesel yang menghasilkan 360 hp, yang dapat berlari dengan kecepatan maksimum 110 km/jam.

Di atas atapnya, dapat dilengkapi dengan kubah berawak ataupun stasiun senjata yang dioperasikan jarak jauh (RCWS).

Pilihan persenjataannya berupa satu senapan mesin kaliber 7,62 mm atau 12,7 mm serta peluncur granat otomatis 40 mm.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *