banner roe

Pecah rekor, 68 jet tempur China terbang ke Selat Taiwan

Jet tempur ChinaYouTube

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sebanyak 68 jet tempur Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) dilaporkan terbang melintasi Selat Taiwan dalam latihan militer besar yang digelar China.

Penerbangan ini dilaksanakan setelah kemarin PLA meluncurkan rudal balistik jarak pendek di atas Selat Taiwan.

Kantor berita ANI melaporkan, selain 68 pesawat, PLA juga mengerahkan 13 kapal perangnya yang sebagian telah melewati garis tengah dan membahayakan status quo selat tersebut.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan (MND) menanggapi situasi seperti itu sesuai dengan sistem pengawasan, pesawat patroli tempur, kapal angkatan laut, dan sistem rudal.

“Kami mengutuk tindakan seperti itu yang mengganggu wilayah udara dan perairan sekitar kami dan terus memastikan demokrasi dan kebebasan kami bebas dari ancaman,” tulisnya.

MND mengutuk tindakan China sebagai langkah yang sangat merusak status quo dan melecehkan wilayah air dan udara Taiwan.

Selain kementrerian, Angkatan Bersenjata Taiwan juga turut menyampaikan pernyataannya.

“Kami tidak mencari eskalasi, juga tidak memusuhi orang lain,” tulis Angkatan Bersenjata Taiwan melalui akun media sosialnya.

Perdana Menteri Taiwan Su Tseng-chang mengecam langkah China yang disebutnya sebagai tetangga yang jahat.

China, kata dia, telah mengepung pulau yang memiliki pemerintahan sendiri dengan serangkaian latihan militer besar-besaran yang dikutuk oleh Amerika Serikat dan sekutu Barat lainnya.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published.