Kado spesial dari TAI untuk peringatan 100 tahun Republik Turki

Hurjet dan TFXAnadolu Agency

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pameran Industri Pertahanan Internasional ke-15, IDEF 2021 telah dibuka pada 17 Agustus lalu di Istanbul Turki. Pameran ini digelar hingga 20 Agustus.

Berbagai macam produk alutsista dari perusahaan dalam negeri Turki dipajang, termasuk yang segera masuk menjadi inventaris militer negeri Ottoman.

Salah satu industri pertahanan terdepan Turkish Aerospace Industries (TAI) tak ketinggalan memboyong produknya dengan menampilkan mock up jet tempur gen-5 TF-X dan jet latih serang Hurjet.

Dalam kesempatan tersebut Temel Kotil, Manajer Umum TAI, mengungkapkan bahwa Hurjet akan melakukan penerbangan pertamanya pada 18 Maret 2023.

Selain itu jet tempur TF-X juga dikenal sebagai National Combat Aircraft (MMU) akan diluncurkan pada 2023, ungkap Kotil seperti diwartakan Daily Sabah.

Saat ini bagian-bagian jet diproduksi bersama oleh beberapa perusahaan, termasuk raksasa pertahanan Aselsan dan Dewan Riset Ilmiah dan Teknologi Turki (TÜBITAK), di bawah koordinasi TAI.

Selain TF-X dan Hurjet, kado untuk peringatan 100 tahun Republik Turki lainnya dari TAI adalah penerbangan perdana helikopter serang kelas berat Atak-2.

ATAK-2Anadolu Agency

Kepada media, Kotil menggaris bawahi, sebagai perusahaan kedirgantaraan terbesar di Turki, TAI adalah surga teknologi dan produknya menjadi andalan ekspor buat negaranya.

Dengan pencapaian ini, TAI bertujuan untuk menjadi salah satu dari 10 perusahaan teratas dunia dalam industri kedirgantaraan pada 2028.

RBS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *