Tiga panser IFV baru 8X8 buatan Turki di IDEF 2021

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pameran senjata IDEF 2021 yang berlangsung di Istanbul Turki pada 17-20 Agustus ini menjadi etalase utama industri pertahanan dalam negeri untuk memamerkan produk-produk unggulannya.

Khusus untuk kendaraan tempur pengangkut personal (IFV) berpenggerak 8×8, tiga produk baru bermunculan. Mereka adalah FNSS PARS lV, Otokar Arma model baru, dan BMC Altug.

Berikut ulasan singkatnya:

FNSS PARS IV

Panser pertama yakni FNSS PARS IV (gen-4) merupakan penyempurnaan dari PARS lll yang telah diperkenalkan pada IDEF 2017.

PARS IVIstimewa

Dalam perutnya, PARS lV dapat menampung 11-12 personel termasuk pengemudi, komandan, dan penembak.

Sebagai penggebuk, PARS IV dibekali kubah bersenjata SABERT dapat dipersenjatai kanon kaliber 25 mm.

Otokar Arma

Panser kedua yakni Otokor Arma dengan penampilan wajah baru. Dikembangkan dari Arma generasi pertama yang muncul sejak 2013.

Otokar ArmaIstimewa

Arma dapat menampung 10 pasukan termasuk komandan dan pengemudi. Dilengkapi dengan turet tak berawak Korhan yang diproduksi oleh perusahaan Turki Aselsan.

Persenjataan utamanya berupa kanon otomatis 35 kaliber mm yang dirancang oleh perusahaan Turki MKE dan satu senapan mesin koaksial kaliber 7,62mm.

BMC Altug

Panser baru ketiga adalah Altug 8×8 dari perusahaan BMC yang juga dikenal sebagai produsen tank tempur utama (MBT) Altay kebanggaan Turki.

Panser ini memiliki tiga awak termasuk pengemudi, komandan dan penembak, dan dapat menampung sembilan prajurit infanteri.

Altug dilengkapi dengan turet tak berawak Korhan seperti yang digunakan Arma 8×8. Persenjataan utamanya berupa kanon otomatis 35 kaliber mm.

BMC AltugIstimewa

Ketiga panser (PARS IV, Arma, dan Altug) dapat digeser melalui udara menggunakan pesawat angkut militer sekelas Airbus A400M, Boeing C-17 atau Ilyushin Il-76.

Selain bersaing ketat untuk memenuhi kebutuhan militer dalam negeri, ketiga produsen juga gencar menawarkan produknya ke pelanggan asing.

RBS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *